5 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda

5 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda

8 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda  –  Jantung merupakan organ tubuh kita yang paling penting, tanpa jantung maka manusia tidak akan hidup. Banyak orang di sekeliling kita yang mengalami penyakit atau gangguan pada jantungnya, bahkan di kabarkan banyak orang – orang  yang mendaftar 500.000 kasus serangan jantung pertama kali dari tahun 1994 hingga 2006. Untuk itu janganlah kita melakukan kebiasaan yang dapat menyebabkan kesehatan jantung Anda terganggu.

Di antara semua pasien, lebih dari 85% di antaranya memiliki setidaknya satu faktor risiko dan banyak di antaranya mendapat serangan jantung pertama pada usia yang lebih muda. Di antara jumlah tersebut, sebanyak lebih dari 50.000 pasien meninggal di rumah sakit. Agar terhindar dari penyakit jantung, Anda bisa menghindari kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda dalam sehari – hari.

 

8 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda  –  Meningkatkan serkulasi jantung Anda, merupakan hal yang harus Anda lakukan setiap hari, sekalipun Anda sedang melakukan pekerjaan. Jika Anda memiliki pekerjaan di meja kerja, maka sebaiknya Anda harus melakukan pergerakan berjalan-jalan sebentar setiap jam, guna membantu dan meningkatkan sirkulasi jantung Anda.

Resiko terkena penyakit jantung

Penelitian ekstensif telah mengidentifikasi faktor-faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung pada umumnya seperti :

  • Faktor Resiko Utama
    Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor-faktor yang tidak berubah ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko orang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah kedua faktor resiko tersebut merupakan hal yang harus di waspadai.
  • Faktor Resiko Yang Dapat Dicegah
    Beberapa faktor risiko utama dapat di cegah atau di modifikasi, dirawat dan dikendalikan melalui pengobatan atau perubahan gaya hidup. Hal tersebut dapat Anda lakukan guna mencegah terjadinya faktor resiko yang berbahaya terhadap Anda.
  • Keturunan
    Keturunan merupakan salah satu faktor resiko yang akan mengalami masalah pada keturunan. Kebanyakan orang dengan riwayat penyakit jantung keluarga yang kuat memiliki satu atau lebih faktor risiko lainnya. dari beberapa banyak kasus orang yang mengindap penyakit jantung, mereka memiliki keturunan dari orang tuanya, hal tersebut memang sering terjadi.
  • Bertambahnya Usia
    Mayoritas orang yang meninggal karena penyakit jantung koroner, berusia 65 tahun atau lebih. Pada usia yang lebih tua, wanita yang memiliki serangan jantung lebih mungkin dibandingkan dengan pria. Pada saat ini memang telah banyak kasus tersebut terjadi terhadap orang yang telah berusia 65 atau lebih.

Mencegah terjadinya penyakit jantung

Penyakit jantung dapat terjadi pada usia berapapun, bahkan bayi yang baru lahir sekaligus dapat terkena gangguan terhadap kesehatan jantungnya. Untuk mencegah terjadinya masalah terhadap jantung Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya terhindar dari resiko gangguan pada jantung Anda.

Untuk mencegah terjadinya gangguan pada jantung Anda, Anda dapat mnghilangkan 8 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda.

1. Menghisap asam rokok dari orang lain 

Asap rokok dari orang lain, dapat membahayakan Anda bahkan dapat merusak hati dan pembuluh darah Anda. Jika Anda menghabiskan banyak waktu dengan seseorang yang belum siap untuk berhenti merokok, bersikeras bahwa mereka setidaknya tidak merokok di sekitar Anda, entah itu di rumah, di tempat kerja, atau di mobil Anda. Cinta tangguh Anda mungkin merupakan dorongan yang mereka butuhkan untuk menendang kebiasaan tersebut, Anda harus menghindarinya.

2. Merokok

Tidak hanya menghisap asap rokok dari orang lain, menjadi perokok juga dapat membahayakan diri Anda sendiri. Padahal dalam catatan kemasan rokoknya pun sudah tertata jelas bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan jantung. Di perkirakan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan non-perokok. Selain itu, menurut Institut Kanker Nasional, orang yang merokok 6 kali lebih rentan terhadap serangan jantung.

3. Jarang melakukan olahraga

Berolahraga merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat, karena dengan sering kita berolahraga tubuh kita akan menjadi lebih sehat bahkan dapat mencegah resiko terkena penyakit jantung. Olahraga seperti mendayung, berenang, cross-country skiing, dan lain-lain dapat Anda gunakan untuk menguatkan jantung.

4. Jarang mengkonsumsi buah

Jangan anggap remeh hal sperti ini, kebiasaan jarang mengkonsumsi buah akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Karena di dalam buah terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh jantung kita, serta berperan sebagai antioksidan tubuh. Ada banyak cara memakan buah, bisa Anda makan secara langsung dan bisa juga dijadikan sebagai jus dan lain – lain.

5. Minum sambil berdiri

Ketika Anda minum sambil berdiri, hal tersebut dapat mengganggu keseimbangan tubuh. Minum sambil berdiri dapat menyebabkan jaringan organ pada saraf pusat akan tertekan dan dipaksa untuk terus bekerja keras menstabilkan kondisi tubuh yang tanpa andaa sadari dalam keadaan yang tegang. Akibatnya saraf saraf tubuh dalam kondisi stres dapat menganggu jantung Anda.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan jantung Anda tanpa di sadari. Maka dari itu janganlah Anda menganggap kebiasaan yang sering Anda lakukan merupakan hal yang sepele karena itu dapat membahayakan kesehatan diri Anda sendiri. Dengan adanya artikel ini semoga bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya.

Baca Juga : Cara Tradisional Mengobati Penyakit Psoriasis

Posted By : Rumah Jelly Gamat

5 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Jantung Anda

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *