Awas !!! Sariawan Bisa Menyebabkan Kanker Lidah

Awas !!! Sariawan Bisa Menyebabkan Kanker Lidah

Sariawan merupakan peradangan yang terjadi pada bagian mulut. Banyak yang menganggap sariawan itu adalah penyakit hal yang sepele, namun pada kenyataannya sariawan sangat mengganggu atau bahkan menyiksa. Seenak apapun makanan yang Anda makan, tidak akan terasa nikmat jika Anda sedang terserang penyakit sariawan.

Dalam bahasa medis sariawan di sebut dengan stomatis yaitu peradangan yang terjadi pada mulut yang lunak. Makanya sariawan hanya terjadi di dalam mulut. Penyebab sariawan memang sangat banyak, diantaranya yaitu infeksi di saluran cerna, alergi makanan, terkena demam tinggi, dan gangguan hormonal serta stres.

Awas !!! Sariawan Bisa Menyebabkan Kanker Lidah  –  Sariawan lebih sering terjadi pada bagian lidah dan bibir. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik itu bayi, anak – anak, orang dewasa, dan orang tua dapat terserang penyakit sariawan. Terkadang sariawan ini sangat menyiksa sehingga kesulitan untuk berbicara, dan makan apalagi jika terjadi di bagian lidah.

Benarkah sariawan dapat menyebabkan kanker mulut ?

Hal yang patut Anda waspadai, apabila Anda mengalami sariawan lebih dari 2 minggu dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda harus lebih waspada. Karena siapa tahu Anda terkena penyakit mematikan yaitu kanker mulut. Gejala awal dari kanker mulut salah satunya adalah mirip dengan sariawan yaitu ada luka di bagian mulut seperti luka di bagian lidah, bagian gusi, dan bagian pipi.

Prof. Dr. dr. I.B.Tjakra Wibawa Manuaba, M.P.H., Sp. B (K) Onk mengatakan, gejala awal kanker lidah mirip dengan sariawan. Namun, bedanya, ketika lidah diraba ada pengerasan di sekitar luka. Sedangkan sariawan, luka terasa lunak. Pada sariawan, luka tempatnya berpindah-pindah, sedangkan pada kanker, luka pada tempat yang sama dan tak kunjung sembuh. Makin lama luka makin membesar. Lama kelamaan ada benjolan mengeras seperti bunga kol. Kanker ini dinyatakan lebih banyak menyerang orang dewasa.

Lidah adalah organ tubuh bagian dari mulut, sehingga bukan hanya kanker lidah saja namun sariawan juga dapat di sebut kanker mulut. Kanker lidah merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena telah banyak kasus penduduk indonesia yang terkena kanker lidah mereka menghembuskan nafas terakhirnya saat terserang penyakit kanker lidah.

Ahli kanker RS Sanglah ini menyebutkan, penyebab kanker rongga mulut secara umum karena merokok, suka minum alkohol, kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga, dan orang-orang yang memakai gigi palsu yang tidak baik. Ada bagian gigi palsu yang menusuk rongga mulut atau gusi dan menyebabkan luka serta infeksi kronis.

Menurutnya, jika kanker lidah ditemukan sejak awal atau pada stadium rendah, dengan operasi yang benar dan tepat dan dilakukan dokter ahli kanker biasanya dapat disembuhkan. ”Jarang ada kematian karena kanker lidah yang sudah ditemukan dalam stadium awal,” ujarnya.
Sayangnya, kata Dokter Prima Medika Hospital ini, kanker lidah yang ditemukan dalam stadium akut tidak dapat dioperasi lagi. Ada obat-obatan lain seperti kemoterapi dan radiasi tetapi hasilnya tetap tidak sebaik seperti operasi.

Gejala Kanker lidah 

  • Perdarahan tanpa sebab yang jelas pada lidah.
  • Rasa sakit pada telinga (jarang).
  • Rasa kebas dalam mulut yang tidak kunjung hilang.
  • Sakit saat menelan.
  • Bercak berwarna merah atau putih, benjolan, atau sariawan yang tidak kunjung sembuh.
  • Sakit tenggorokan yang berlangsung terus-menerus.
  • Kesulitan menelan atau mengunyah
  • Benjolan atau penebalan di bagian dalam mulut
  • Kesulitan menggerakkan rahang atau lidah

Gejala – gejala yang dapat di rasakan oleh Anda seperti di atas, mungkin saja gejala yang di rasakan oleh Anda bukan gejala kanker lidah. Namun Anda tetap harus waspada karena bisa saja gejala yang di rasakan oleh Anda merupakan gejala utama terjadinya kanker lidah. Apabila gejala-gejala tersebut berlangsung lebih dari tiga minggu, terutama jika Anda adalah perokok berat dan sering mengonsumsi minuman keras.

Kapan pengobatan harus dilakukan ?

Pengobatan kanker lidah sama halnya seperti pengobatan kanker lainnya. Saat gejala mulai dirasakan oleh Anda sebaiknya Anda segera memeriksakan kepada dokter. Karena apabila Anda menganggap gejala tersebut sebagai penyakit hal yang sepele maka Anda telah melakukan kesalahan besar bagi diri Anda sendiri.

Proses diagnosis umumnya meliputi pemeriksaan fisik dan gejala-gejala yang Anda rasakan, serta biopsi jaringan yang dicurigai adalah kanker. Jika hasil biopsi menyatakan bahwa Anda positif memiliki kanker mulut, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan melalui X-ray, MRI, Ultrasound, CT Scan, atau PET Scan. Di samping itu, kanker lidah juga bisa di diagnosis melalui metode staging dan grading. Metode staging yang digunakan adalah sistem TNM, yang berfungsi untuk mengukur seberapa jauh kanker tersebut sudah menyebar.

Langkah pertama pengobatan kanker lidah

  • Pembedahan

Metode penanganan kanker lidah yang pertama kali sering dilakukan ialah dengan melibatkan operasi untuk mengangkat seluruh tumor dari lidah. Teknik bedah minimal invasif digunakan bila memungkinkan untuk mengobati kanker lidah. Dokter radiasi Anda akan memberikan terapi radiasi ke jaringan kanker lidah, menggunakan dosis tinggi dengan akurasi yang tepat, hemat jaringan sehat dan memperpendek waktu prosedur.

  • Kemoterapi

Seringkali di kombinasikan dengan terapi radiasi, kemoterapi menggunakan obat anti kanker untuk menghancurkan sel kanker di seluruh tubuh ini mungkin pilihan jika kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Obat kemoterapi yang berbeda dapat dikombinasikan untuk menyerang sel kanker pada berbagai tahap siklus pertumbuhan mereka dan mengurangi kemungkinan resistansi obat.

  • Terapi obat yang di targetkan

Terapi obat menargetkan sel kanker untuk mengganggu pertumbuhan sel pada tingkat molekuler. Hal ini sering dikombinasikan dengan kemoterapi dan / atau terapi radiasi sebagai bagian dari rencana pengobatan kanker lidah.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi Anda yang telah membacanya. Contoh obat-obatan kemoterapi yang umumnya digunakan adalah Obat Herbal Walatra Berry Jus 

Baca Juga : Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening | Paling Ampuh

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Awas !!! Sariawan Bisa Menyebabkan Kanker Lidah

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *