Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan ?

Anak yang mengalami susah makan memang sering terjadi di alami oleh anak pada umumnya. Seiring pertumbuhan dan bertambahnya usia, anak- anak akan mengenal lebih banyak makanan yang menurutnya sehat dan selalu membuat mereka merasa kenyang.

Hal seperti ini memang sering dikeluhkan oleh sebagian orang tua terutama para ibu. Berbagai cara pasti sudah dilakukan oleh para orang tua, namun hal tersebut seolah olah tidak mempan untuk mengatasiya. Bahkan hal ini juga dapat mempengaruhi para ibu yang menjadi tertekan dan merasa stres.

masalah yang biasa terjadi seperti berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja hingga mengemut makanannya berlama-lama.

Hal yang perlu diketahui para ibu, bahwa lambung si kecil tidak mampu menampung banyak makanan. Sehingga hindari memaksakan anak makan terlalu banyak. Makanan dengan porsi sedikit akan membuat anak tidak malas untuk makan, serta mengurangi rasa jenuh saat makan.

Penyebab anak sudah makan

1. Anak sedang mengalami perubahan (Picky Eater)

Ketika anak dalam masa perubahan ini atau disebut dengan istilah Picky eater, maka si anak akan susah makan dikarenakan mereka sedang dalam masa perubahan memilih menu makanan favorite mereka.

2. Anak Merasa Selalu Kenyang

Penyebab kenapa anak susah makan dalam kasus ini si anak selalu merasa kenyang padahal belum pernah terlihat makan makanan yang berkualitas menambah gizi si anak, ketika anak selalu merasa dalam kondisi kenyang, maka orang tua perlu mencari tahu apakah anak sebelumnya pernah ngemil camilan manis atau es krim dan biskuit.

3. Anak Sensitif terhadap rasa Dan Aroma makanan

Penyebab lainnya yang terkadang membuat anak susah makan karena mereka sangat sensitif terhadap rasa dan aroma makanan yang diberikan, dalam kasus ini ketika anak menolak untuk disuruh makan mereka hanya bisa menutup mulut dan hidung mereka.

4. Anak dalam kondisi kurang sehat

Beberapa kasus umum yang menjadi penyebab kenapa anak susah makan dikarenakan mereka dalam keadaan kurang sehat seperti sedang sakit gigi, sariawan dan demam.

5. Anak mulai mencari perhatian dari orang tua

Penyebab anak susah makan lainnya karena sedang membutuhkan perhatian atau lagi caper, jika anak anda menolak makan karena minta perhatian cobalah untuk memberikan apresiasi kepada mereka agar mau makan.

Penyebab – penyebab di atas, harus Anda ketahui sedeteil mungkin agar Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi pada anak Anda. Jika buah hati Anda terus menerus menolak makanan yang Anda berikan, jangan pernah sesekali Anda mencoba untuk memaksanya. Karena pemaksaan bukanlah solusi yang tepat untuk mengembalikan nafsu makan anak Anda.

Bagai mana cara mengatasinya ?

Ada banyak hal yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi si kecil yang mengalami selera makan rendah seperti :

  • Sajikan makanan dengan menarik
    Agar anak tertarik dan lebih semangat untuk makan, maka sajikan makanan dengan tampilan menarik. Seperti mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear, bebek kecil, dsb.
  • Buat kondisi makan yang menyenangkan
    Orang tua kurang baik mengancam atau menakut-nakuti anak agar ia mau makan. Terlalu sering melakukan hal itu, dikhawatirkan anak akan merasa bahwa makan adalah saat yang tidak menyenangkan. Biasanya anak – anak sangat suka dengan makanan yang akan mereka lahap jika menurut mereka kelihatan lebih menarik.
  • Jangan terlalu membiarkan mereka jajan di luar
    Sebisa mungkin minimalkan anak untuk selalu jajan di luar, karena tentunya makanan di luar sangat dikhawatikan tentang gizinya yang rendah atau tidak terkontrol. Sering makan atau jajan di luar, membuat anak menjadi sulit untuk diajak makan di rumah.

  • Libatkanlah anak dalam menyiapkan makanan
    Beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti meminta pertolongan kepada anak untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan. Atau juga meminta anak membantu menyiapkan makanan di meja makan.
  • Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan
    Minuman, baik itu air putih, jus buah segar atau lainnya adalah hal yang diperlukan anak, tetapi jika memberikan anak minuman saat makan, membuat anak akan merasa kembung sendiri sehingga membuatnya sulit untuk makan.

Dengan beberapa cara diatas, Anda bisa mengatasi si kecil yang mempunyai selera makan rendah. hal tersebut dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Untuk makanan pendamping, harus disesuaikan dengan umur balita. Jangan langsung diberikan nasi padat karena dapat mengganggu saluran pencernaannya.

Semoga dengan adanya informasi yang dapat kami tulis pada kesempatan kali ini, dapat bermanfaat bagi bunda yang saat ini sedang kesulitan untuk mengatasi si kecil yang mengalami nafsu makan yang rendah.Cara lainnya, Bunda bisa langsung yang membuat variasikan makanan pada anak. Misalnya sarapan pagi, variasi makanannya yaitu telur, roti, kentang, dan minum segelas susu.

Baca Juga Artikel Menarik lainnya :

Vitamin Untuk Anak Balita Yang Susah Makan

Merk Penambah Nafsu Makan Anak Terbaik

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *