Bahaya Eksim Pada Bayi Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Eksim Pada Bayi Jika Tidak Segera Diobati

Bahaya Eksim Pada Bayi Jika Tidak Segera Diobati  –  Penyakit eksim masih merupakan salah satu penyakit yang membahayakan kesehatan bayi. Eksim dapat muncul sebagai bercak merah dan berkerak pada kulit bayi Anda, jika penyakit ini tidak segera diobati akan berdampak terhadap kesehatan bayi. Bahkan jika penyakit ini tidak segera mendapatkan pengobatan yang efektif, penyakit ini dapat menyerang bayi dalam berbulan bulan.

Dilansir 1 dari 10 bayi dan anak-anak di Indonesia mengalami eksim , ruam gatal kering yang datang dan pergi. Ini bukan kondisi yang berbahaya, tapi bisa gatal dan tidak nyaman untuk bayi bahkan kali kali dapat  membuat frustrasi orang tua.

Eksim umumnya terjadi pada masa kanak-kanak, misalnya pada bayi dan anak usia muda. Pada bagian-bagian kulit tertentu akan memerah, ter iritasi, kering, dan bersisik. Eksim sendiri yang tadinya kering namun jika dapat menjadi Pengeluaran air ini merupakan indikasi bahwa eksim sudah menjadi infeksi.

Gejala eksim pada bayi 

  • Terasa gatal dan panas pada kulit yang terkena, terutama malam hari.
  • Pada eksim basah, kulit tampak melepuh merah, bengkak, basah, dan timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah.
  • Pada eksim kering, tampak kulit bersisik keras, mengeropeng, dan kemerah-merahan.
  • Perawatan pada penyakit kulit eksim adalah :
  • Jangan menggaruk eksim karena dapat mengakibatkan infeksi

Penyakit eksim juga dapat ditularkan melalui manusia dan manusia, seperti dari asap rokok,bubuk sabun cuci, rambut halus binatang, atau debu pada tempat duduk yang terbuat dari rajutan wol atauu jerami.

Para penderita eksim biasanya kekurangan essential fatty acids, yang menyebabkan menurunnya sitesis zat antiradang yang bernama prostaglandin. Oleh karena itu, tingkatkan konsumsi makanan alami yang mengandung asam lemak yang baik.

Bahaya penyakit eksim pada bayi

Eksim pada anak ini dapat muncul di bagian tubuh mana saja, terutama di bagian kulit yang memiliki lipatan. Jika tidak segera diobati, eksim atopik pada si kecil bisa berubah menjadi komplikasi, apa saja komplikasi dari eksim pada anak yang harus di waspadai?

  • Infeksi kulit. Ketika kulit terluka akibat digaruk karena gatal, risiko terjadinya infeksi kulit dari bakteri maupun virus akan meningkat.
  • Asma dan hay fever. Eksim atopik biasanya muncul terlebih dahulu sebelum kedua kondisi ini.
  • Dermatitis kontak. Kondisi ini sering terjadi pada penderita eksim atopik. Banyak unsur atau senyawa yang bisa membuat kulit mengalami reaksi alergi.
  • Gangguan pada mata. Komplikasi mata akan terjadi jika eksim menyerang sekitar kelopak mata.
  • Gangguan tidur. Seseorang yang memiliki eksim atopik, terutama anak-anak, cenderung mengalami kesulitan tidur. Siklus gatal-gatal bisa membuat Anda terbangun berulang kali dan akibatnya menurunkan kualitas tidur Anda.
  • Masalah perilaku. Anak dengan eksim atopik lebih rentan mengalami masalah dengan perilakunya seperti ADHD (attention-deficit/hyperactivity disorder) terutama jika sering kekurangan tidur.

Itulah mengapa eksim yang menyerang terhadap bayi harus segera mendapatkan pengobatan yang efektif, karena penyakit eksim sendiri jika dibiarkan begitu saja akan membahayakan kesehatan bayi Anda. Untuk itu, mulai dari sekarang Anda harus bisa lebih menjaga kesehatan terhadap bayi Anda agr tidak gampang terserang oleh penyakit yang berbahaya.

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Dibawah Ini

Eksim Pada Bayi, Gejala Penyebab Dan Pengobatan

Cara Mengobati Mencret Pada Bayi 10 Bulan Secara Alami

Bahaya Eksim Pada Bayi Jika Tidak Segera Diobati

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *