Bahaya Kekurangan Albumin Pada Anak

Bahaya Kekurangan Albumin Pada Anak

Bahaya Kekurangan Albumin Pada Anak   –  Albumin merupakan suatu cairan yang terdapat dalam tubuh manusia yang berfungsi sama seperti nutrisi dan di produksi oleh tubuh kita. Albumin bisa di katakan protein paling utama yang terdapat dalam tubuh manusia, mengatur tekanan osmotik dalam darah merupakan fungsi utama protein yang diproduksi oleh organ hati ini. Keseimbangan albumin dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Pemberian albumin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena albumin sangat berperan penting dalam menjaga peredaran darah. Albumin bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan yang mengandung serat tinggi albumin itu sendiri. Lantas apa makanan yang mengandung serat albumin yang sangat tinggi ?

Berikut Ini Beberapa Makanan Yang mengandung Albumin 

  • Bayam

Merupakan makanan yang mengandung albumin terbaik, Karena selain zat besinya pun tertinggi diantara jenis sayuran lain, Ternyata memiliki protein yang cukup mampu menyehatkan organ hati yaitu berkisar 3,6 gr/100 g.

  • Ikan gabus

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Prof. Nurpudji dari Universitas Hasanuddin, Makassar, pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal.

  • Jagung manis

    Mengandung zat anti kanker yang efektif memblokir pertumbuhan sel kanker, Memiliki beberapa vitamin, Serat dan protein. Jagung muda dapat ditumis atau disandingkan dengan bahan sayuran lain yang juga memiliki zat protein yang tinggi agar manfaat jagung manis dapat segera diserap tubuh.

  • Beberapa Jenis Kacang

    Kacang kenari, kacang almond, kacang mete, kacang hazel dan masih banyak jenis kacang-kacangan dengan kadar protein tinggi dan lemak tak jenuh yang tinggi juga menjadi salah satu sumber makanan yang membantu proses pembentukan albumin dalam tubuh.

Baca Juga : 

Harga Dan Khasiat Walatra Hexabumin Untuk Anak

Bahaya Kekurangan Albumin Pada Anak

Didalam Ilmu kedokteran barat, albumin digunakan untuk mempercepat penyembuhan jaringan sel yang terbelah, seperti luka operasi atau pembedahan. Selain itu Albumin juga berguna untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel yang mati.

Untuk anak-anak, bila kadar albumin rendah, protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin, seperti penderita tuberkulosis (TBC), daya kerja obat yang diminum menjadi kurang maksimal.

Jika anak yang mengalami kekurangan albumin, maka akan mengakibatkan cairan di dalam darah menjadi terpisah, hingga akhirnya menumpuk pada berbagai bagian tubuh anak dan mengakibatkan edema. Albumin ikut bersirkulasi di dalam darah, karena itu tes darah sederhana pun sudah bisa menentukan level atau tingkat albumin anak Anda.

Jika kekurangan albumin bisa jadi anak Anda menderita Hypoalbumimemia. Namun pada umumnya kondisi ini terjadi pada orang yang telah lanjut usia (lansia). Meskipun hal tersbut jarang terjadi terhadap anak – anak namun Anda sebagai orangtua harus tetap mewaspadai hal tersebut.

Kadar Normal Albumin

Untuk kadar normal albumin yakni apabila tes laboratorium menunjukkan hasil pembacaan melebihi 4,0 g / dl. Umumnya nilai normal dari albumin itu bervariasi mulai dari 4,0 sampai dengan 5,4 g / dl. Pada versi lainnya ada juga yang menyebutkan tingkat albumin yang normal itu ada di angka 3,4 sampai dengan 5,4 g / dl.

Untuk meningkatkan albumin pada anak Anda, sebagai orang tua Anda harus bisa memberikan makanan yang mengandung albumin tinggi seperti yang telah kami tulis di atas. Namun Anda juga harus berhati – hati dalam memberikan makanan yang mengandung albumin tinggi, sebaiknya Anda memberikan makanan tersebut secara tepat dan teratur.

Itulah informasi yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung ke halaman kami. Untuk itu mulai dari sekarang Anda harus lebih memperhatikan kadar albumin yang di butuhkan oleh tubuh anak – anak seusia dinni.

Baca Juga : Nutrisi Untuk Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh Anak

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Bahaya Kekurangan Albumin Pada Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *