Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak – PALING AMAN

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak  –  Pilek memang merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang anak – anak. Bahkan tidak hanya anak – anak saja orang dewasa sampai orang tua juga bisa terkena pilek. Meski tidak berbahaya, si kecil bisa jadi tidak nyaman karena sulit bernafas, apalagi bisa disertai demam. Hidung tersumbat, kadang disertai batuk, membuat tidurnya tidak nyenyak atau rewel.

Jika ada keluarga Anda yang terkena pilek, yang harus Anda lakukan adalah melakukan beberapa cara untuk meringankan gejala pilek tersebut dan memfasilitasi tubuh agar proses penyembuhan yang dilakukannya berjalan dengan optimal.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai cara alami mengobati pilek. Jika Anda terkena pilek, biasanya tanda dan gejala pilek akan bertahan selama satu hingga dua minggu. Pilek itu sendiri adalah infeksi ringan pada saluran pernafasan bagian atas akibat serangan virus.

Untuk itu jika Anda atau anak Anda terserang pilek, sebaiknya segera lakukan pengobatan agar pilek yang dialami oleh Anda tidak membahayakan. Karena pilek juga jika tidak segera mendapatkan bentuk infeksi lainnya, seperti infeksi telinga tengah, bronkitis atau pneumonia.

Seseorang yang sakit pilek akan mengalami gejala berupa:

  • Hidung terus-menerus mengeluarkan ingus
  • Sering bersin
  • Sering batuk
  • Pernapasan tidak lancar (hidung terasa tersumbat)
  • Tidak enak badan
  • Suara serak

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Balita cenderung mengalami gejala pilek lebih lama dibandingkan anak-anak yang berusia di atasnya atau orang dewasa. Pilek pada balita bisa berlangsung sepuluh hari hingga dua minggu, sedangkan pada anak-anak usia di atas lima tahun atau orang dewasa biasanya berlangsung seminggu atau lebih.

Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak lebih rentan dan lebih sering terkena pilek dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan anak-anak bisa mengalami sebanyak 8-12 kali dalam setahun, sedangkan orang dewasa hanya 2-4 kali.

Penyebab Pilek

Human rhinovirus (HRV) adalah kelompok virus yang paling banyak menyebabkan pilek. Selain virus tersebut, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV).

Virus masuk ke tubuh manusia melalui hidung, mulut, atau bahkan mata sebelum berinkubasi dan menimbulkan gejala. Masuknya virus bisa terjadi ketika tanpa disengaja menghirup percikan liur penderita pilek di udara yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk.

Pengobatan Pilek

Pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan. Saat mengalami pilek, seseorang atau anak-anak dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh akibat hidung yang terus-menerus mengeluarkan ingus atau badan yang sering berkeringat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

Pengobatan Mioma Uteri Secara Alami Dan Ampuh
Cara Mengobati Luka Infeksi Di Hidung Secara Alami
Obat Herbal Alami Untuk Infeksi Usus Yang Sudah Parah, Ampuh Dan Mujarab

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *