Ciri – Ciri Kekurangan Albumin Dalam Tubuh Manusia

Ciri – Ciri Kekurangan Albumin Dalam Tubuh Manusia

Ciri – Ciri Kekurangan Albumin Dalam Tubuh Manusia  –  Albumin merupakan salah satu cairan yang terdapat dalam darah tubuh manusia yang memiliki peran penting untuk kehidupan. Fungsi albumin sendiri tidak lain adalah untuk mengikat komponen darah, dengan begitu dapat dipastikan jika cairan darah tak akan bocor atau terpisah dalam jaringan tubuh.

Cairan yang disebut albumin ini merupakan suatu cairan yang terdapat dalam dara h. Jika terjadi penurunan level albumin maka akan mengakibatkan cairan di dalam darah menjadi terpisah, hingga akhirnya menumpuk pada berbagai bagian tubuh manusia dan mengakibatkan edema. Albumin ikut bersirkulasi di dalam darah.

Jika terjadi penurunan level albumin maka akan mengakibatkan cairan di dalam darah menjadi terpisah, hingga akhirnya menumpuk pada berbagai bagian tubuh manusia dan mengakibatkan edema.

Akibat kurangnya albumin menjadi penyebab tekanan osmotik darah turun sehingga pengangkutan asam lemak, hormon, enzim, dan obat terganggu. Inilah yang memperlambat proses penyembuhan pada penderita penyakit berat dan degeneratif.

Albumin adalah salah Satu jenis protein darah yang diproduksi di hati (hepar). Saat hati normal mampu memproduksi 11-15 gr albumin/hari. Albumin (bahasa Latin: albus, white) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke segala jenis protein monomer yang larut dalam air dan larutan garam, dan mengalami koagulasi saat terpapar panas.

Pada manusia, albumin diproduksi oleh retikulum endoplasma di dalam hati dalam bentuk proalbumin, kemudian diiris oleh badan Golgi untuk disekresi memenuhi sekitar 60%jumlah serum darah dengan konsentrasi antara 30 hingga 50 g/L[1] dengan waktu paruh sekitar 20 hari. Albumin memiliki berat molekul sekitar 65 kD dan terdiri dari 584 asam amino tanpa karbohidrat.

Ciri – Ciri Kekurangan Albumin Dalam Tubuh Manusia

Kekurangan albumin menyebabkan gangguan pada tekanan osmotik darah turun, sehingga mengakibatkan terganggunya transportasi asam lemak, hormon, enzim dan zat penting tubuh yang lain, termasuk obat bila sakit. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ciri – ciri kekurangan albumin.

Anda mungkin tidak merasakan gejala apapun, kecuali level albumin dalam darah sudah drop secara signifikan, jika ini sudah terjadi maka efek kekurangan albumin yang muncul ialah:

  • Anda akan merasa tidak nyaman saat makan, berkeringat di sekujur tubuh, atau hanya pada bagian tertentu tubuh Anda (Misalkan di kaki)
  • Terjadi pelemahan otot, kram dan pusing
  • Jika Anda memiliki masalah dengan liver, dapat menyebabkan Anda mengalami hypoalbuminemia.
  • Anda akan merasakan jika perut (Abdomen) penuh dengan cairan (Ascites)
  • Luka sulit sembuh.
  • Lambatnya pertumbuhan anak.
  • Pembengkakan bagian tepi tubuh seperti kedua kaki membengkak.
  • Mengecilnya otot terutama di area tangan dan testis menciut.

Ciri ciri di atas dapat Anda waspadai sebelum Anda benar benar kehilangan cairan albumin yang dapat beresiko besar terhadap tubuh Anda. Untuk itu jangan sampai Anda menyepelekan kadar albumin yang di butuhkan oleh tubuh manusia karena dengan kekurangan albumin, manusia beresiko besar terkena penyakit berat seperti :

  • Kaki bengkak karena ginjal,
  • Kaki bengkak karena menigkatnya kadar kolesterol pada sindrom nefrotik,
  • Kaki bengkak komplikasi diabetes ginjal,
  • Kaki bengkak pada ibu hamil, dan lainnya.

untuk mencegah hal tersebut terjadi pada diri Anda, segeralah lakukan pencegahan dan lakukan pengecekan rutin mengenai albumin yang terdapat dalam tubuh Anda. Semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung di halaman www.rumahjellygamat.com. salam sehat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Dibawah

Harga Dan Khasiat Walatra Hexabumin Untuk Anak

Cara Mengobati Penyakit Hipoalbuminemia Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengatasi Kekurangan Albumin Dalam Darah Dengan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Ciri – Ciri Kekurangan Albumin Dalam Tubuh Manusia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *