Dampak Kekurangan Albumin Dalam Tubuh

Dampak Kekurangan Albumin Dalam Tubuh

Dampak Kekurangan Albumin Dalam Tubuh  –  Albumin merupakan salah satu cairan penting yang terdapat dalam darah manusia. Cairan yang diperlukan oleh tubuh manusia ini, memang terbilang penting bagi kehidupan manusia. Karena jika manusia mengalami kekurangan albumin memang akan berdampak dalam kehidupan mereka sehari hari.

Albumin adalah jenis protein dengan jumlah terbanyak di dalam tubuh yang membentuk plasma darah dan diproduksi pada organ hati. Hypoalbuminemia adalah gangguan medis yang biasanya diidap oleh orang yang memiliki kondisi medis akut dan kronis.

Kadar albumin rendah dalam darah seseorang bisa menyebabkan meningkatnya risiko morbiditas dan mortalitas. Albumin memengaruhi 75-80 persen tekanan osmotik koloid dari plasma normal artinya albumin sangat berpengaruh pada tekanan kapiler pembuluh darah. Albumin berperan mengikat cairan tubuh agar tidak bocor keluar dari pembuluh darah.

Ciri – Ciri kekurangan Albumin

  • Pembengkakan wajah.
  • Pembengkakan kelenjar parotis.
  • Pembesaran lidah (makroglosia).
  • Mengecilnya otot terutama di area tangan dan testis menciut.
  • Bradikardia, hipotensi (tekanan darah rendah), dan jantung membesar.

dampak yang akan terjadi terhadap orang yang kekurangan albumin, memang sangatlah berbahaya. Selain albumin ini dapat mempercepat penyembuhan luka, albumin sendiri memang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan berikut ini merupakan beberapa manfaat albumin untuk tubuh :

Dampak Kekurangan Albumin Dalam Tubuh

  • Membentuk Jaringan Sel Baru

Fungsi selanjutnya dari albumin adalah untuk pembentukan jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran sendiri, albumin ini dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah.

  • Agen Pengikat Darah

Tahukah Anda bahwa sel darah manusia, sebenarnya tidak sepenuhnya merupakan bentuk cairan. Disinilah albumin berperan sehingga darah menjadi cair.

  • Memperbaiki Kerusakan Jaringan

Ternyata albumin juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses regenerasi juga perbaikan pada sel sekaligus juga menjadi agen yang membentuk ikatan sel.

Albumin sendiri dalam kondisi normal bisa mencapai 60% dari seluruh bagian plasma darah. Kadar normal albumin dalam darah mencapai 3.4 and 5.4 g/dL. Albumin sendiri diproduksi dalam hati melalui mekanisme proses penyerapan protein yang dilakukan oleh hati. Hasil penyerapan inilah yang kemudia dialihkan menjadi albumin.

Tingginya komposisi albumin dalam plasma darah membuat sebagian besar fungsi dari plasma darah berkaitan dengan keberadaan albumin di dalamnya. Selain itu manfaat albumin sendiri sangat besar dalam mengikat sel-sel dalam darah untuk tetap dalam anomali yang normal.

nah itulah dampak yang akan terjadi jika darah dalam tubuh Anda kekurangan cairan albumin. Jadi sekarang Anda sudah mengetahuinya betapa pentingnya albumin dalam tubuh manusia. Nah semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung di halaman kami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya 

Harga Dan Manfaat Walatra Albumin 100% Ekstrak Ikan Gabus

Cara Mengatasi Kekurangan Albumin Dalam Darah Dengan Cepat

Cara Mengobati Penyakit Hipoalbuminemia Secara Alami Dan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Dampak Kekurangan Albumin Dalam Tubuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *