Inilah Penyebab Turunnya Berat Badan Pada Anak !

Inilah Penyebab Turunnya Berat Badan Pada Anak !

Salah satu tolok ukur dari tumbuh kembang bayi yang baik yang sering di perhatikan oleh kebanyakan orang tua, adalah berat badannya. Lazimnya, setelah dilahirkan si Kecil akan mengalami penurunan berat badan, meski tidak terlalu banyak. Namun saat berat badannya terus menurun, bunda perlu lebih teliti dan waspada, karena hal ini bisa memengaruhi kesehatan anak.

Kebanyakan kasus yang sering terjadi berat badan anak sering menurun secara derastis tanpa di ketahui penyebabnya. Berat badan anak yang awalnya normal lalu tiba-tiba menurun tentu membuat orangtua sangat khawatir. Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua mengetahui penyebab berat badan anak turun drastis agar mendapatkan penanganan segera.

Penyebab turunnya berat badan pada anak :

Terjadinya penurunan berat badan terhadap anak – anak, memang banyak beberapa penyebab atau faktor. Untuk itu Anda sebagai orang tua maka sangat wajib untuk mengetahui hal tersebut, supaya Anda tidak keliru dalam penanggulangannya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab turunnya berat badan anak :

  • Adanya Gangguan Kesehatan

Faktor yang pertama ini tentunya sudah sangat jelas. Anak yang mengalami gangguan kesehatan akan mengalami penurunan berat badan secara drastis dan bisa saja berlangsung secara terus menerus. Gangguan kesehatan tersebut biasanya disebabkan karena kerusakan pada organ pencernaan anak. Namun, yang paling parah jika anak Bunda mengalami yang namanya penyakit Diabetes Mellitus. Karena, ini bisa juga menjadi faktor menurunnya berat badan dari anak.

  • Pemberian Asupan Makanan yang Tidak Seimbang

Jumlah nutrisi yang tidak cukup untuk anak tentunya juga menjadi salah satu penyebab turunnya berat badan anak terus menerus. Untuk itu Bunda harus lebih rajin dalam memperhatikan asupan gizi pada anak-anak.

  • Sedang Mengalami Masa pertumbuhan

Faktor ketiga ini memang cukup jarang terjadi, namun bisa saja dialami oleh anak yang memiliki aktivitas atau pergerakan yang lebih aktif. Anak yang lebih aktif dalam bergerak bisa membuat nutrisi yang masuk terpakai untuk aktivitas anak yang terlalu berlebihan tersebut. Untuk yang faktor yang satu ini Bunda tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya, karena termasuk dalam faktor yang masih wajar.

  • Masalah fungsi organ.

Bila ada kelainan dalam sistem organ dalam tubuh bayi, seperti sistem pencernaan, sistem hormonal, sistem imunologi, kondisi ini juga bisa terlihat dari berat badan yang sulit meningkat atau cenderung turun. Konsultasikan ke dokter anak untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Beberapa penyebab di atas merupakan penyebab umum yang sering terjadi atau di alami oleh banyak anak – anak. Untuk itu bunda harus lebih pandai dan berhati hati dalam menanggulangi penyebab seperti di atas, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan terhadap anak Anda.

Untuk bisa mempermudah mengawasi bagaimana penurunan berat badan si Kecil, bunda harus rutin menimbang si Kecil. Sehingga bunda bisa melihat langsung bagaimana perkembangan kesehatan anak melalui data berat badan, hal tersebut dapat bunda lakukan demi menjaga kesehatan si kecil.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Suplemen Penambah Berat Badan Pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Hipoalbuminemia Secara Alami Dan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Inilah Penyebab Turunnya Berat Badan Pada Anak !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *