Ketahui 5 Penyebab Liver Bengkak

Ketahui 5 Penyebab Liver Bengkak

Ketahui 5 Penyebab Liver Bengkak  –  Hati adalah organ terbesar di tubuh yang membuat dan mengeluarkan empedu. Hati terletak di bagian kanan atas perut yang dilindungi oleh tulang rusuk. Ini memiliki dua lobus utama yang terdiri dari lobulus kecil. Sel hati memiliki dua sumber darah yang berbeda. Arteri hepatik memasok darah kaya oksigen yang dipompa dari jantung, sementara vena portal memasok nutrisi dari usus dan limpa.

Hati kita membantu membersihkan darah kita dengan menghilangkan bahan kimia berbahaya yang dibuat tubuh kita. Ini menciptakan empedu cair, yang membantu memecah lemak dalam makanan. Ini juga menyimpan gula, juga disebut glukosa. Glukosa memberi kita energi kapanpun kita membutuhkannya. Bila seseorang memiliki pembesaran hati dan tidak diobati dengan benar, kerusakan jangka panjang bisa terjadi.

liver bengkak bukan hanya karena ada cairan yang menumpuk seperti definisi pembengkakan yang biasanya terjadi. Hati yang bengkak ini juga dinamakan fatty liver di mana terdapat penumpukan lemak yang terdapat pada bagian hati. Memang terbilang normal apabila pada organ hati terdapat lemak, namun ini menjadi tak normal dan perlu diwaspadai ketika ada lebih dari 5-10 persen dari berat organ hati Anda adalah lemak.

Penyakit liver memang mempunyai penyebab dan gejala. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sedikit mengenai penyebab terjadinya liver bengkak berikut ini merupakan beberapa penyebab liver bengkak :

Ketahui 5 Penyebab Liver Bengkak

1. Kolesterol terlalu banyak

Hati memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, dan salah satu pekerjaannya ialah untuk mengubah kolesterol menjadi asam lemak. Selama bertahun-tahun kita sudah diberi tahu untuk makan lebih sedikit lemak jika kita ingin tetap langsing dan menjaga kadar kolesterol kita tetap terkendali. Kita memang membutuhkan beberapa kolesterol dalam tubuh kita untuk kesehatan yang baik. Anda juga tidak ingin kolesterol Anda terlalu rendah tapi Anda juga tidak menginginkannya terlalu tinggi. Namun, penting untuk diingat bahwa kolesterol tinggi dapat menjadi penyebab masalah kesehatan hati. Itulah sebabnya kolesterol tinggi dihubungkan dengan membengkaknya organ hati. Pada akhirnya kolesterol tinggi akan membawa penderita penyakit liver menjadi bengkak.

2. Mengkonsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol, apapun jenisnya, jika diminum dalam jumlah yang besar dan rutin tentu akan memberikan masalah yang besar pada berbagai organ tubuh. Salah satu organ tubuh yang akan tersiksa jika kita mengkonsumsi minuman beralkohol adalah hati. Sebagaimana kita ketahui, hati adalah organ yang berfungsi untuk menyaring berbagai macam racun serta mengatur gula dan kolesterol. Jika kita mengkonsumsi alkohol, tentu hati akan segera membantu sistem pencernaan dalam mencerna minuman keras ini. Hasilnya adalah, hati akan mengalami kerusakan dan pembengkakkan dengan mudah karena bekerja dengan sangat keras untuk mengubah kandungan alkohol air dan karbondioksida yang tidak berbahaya. Itu sebabnya alkohol merupakan salah satu penyebab terjadinya liver bengkak.

3 . Mengikuti program diet rendah

Banyaknya program diet yang bisa dipilih dan dijalani oleh seseorang, termasuk juga diet rendah protein yang padahal protein itu sendiri sangat diperlukan dan wajib diasup oleh tubuh dengan kadar normal. Ketika asupan protein rendah, ini menandakan adanya ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh sehingga mampu membuat seseorang mengalami yang namanya kurang gizi. Kondisi ini rupanya ada hubungannya dengan sakit liver yang berujung pada pembengkakan.

4. Efek dari mengkonsumsi obat

Tidak semua obat yang Anda konsumsi bakal memberikan efek samping buruk, tapi hanya obat-obat tertentu saja dan hal ini pun bisa membuat hati menjadi bengkak karena efek sampingnya. Obat-obatan kimia yang sebaiknya dihindari untuk pemakaian terlalu sering dengan jangka waktu lama antara lain adalah tetrasiklin, metotreksat, karbon tetraklorid, asam valproat, serta kortikosteroid. Dengan pemakaian dosis tinggi pada semua obat tersebut, hati lama-lama tak bisa menoleransi dan kemudian menjadi rusak sehingga fungsinya yang biasa tak dapat dijalankan.

5. Sindroom

Bengkaknya hati juga dipicu oleh Sindrom Reye yang memang pemicu satu ini dianggap paling langka, tapi juga paling serius di mana anak-anaklah yang akan menderita sindrom ini pada usia antara 6-12 tahun. Meski langka, namun peluang seseorang mengalaminya juga tetap ada, maka jika misal terdiagnosis harus cepat mendapatkan penanganan sebab bila tidak, kematianlah akibatnya. Pada umumnya, anak-anak dengan sindrom ini pun dapat pulih setelah mendapatkan pengobatan yang tepat sesudah beberapa minggu sehingga penyakit ini pada dasarnya tidak berkepanjangan.

Bagaimana Anda mendapatkan perawatan untuk pembesaran hati Anda tergantung pada apa yang menyebabkannya. Misalnya, jika minum terlalu banyak alkohol adalah sumber masalahnya, Anda perlu berhenti untuk menghindari kerusakan. Jika Anda memiliki penyakit yang mendasarinya, pengobatan atau jenis perawatan lainnya dapat membantu. Semoga artikel yang telah kami tulis dapat bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Liver Bengkak Secara Alami Dan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Ketahui 5 Penyebab Liver Bengkak

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *