Manfaat Dari Kandungan Pisang Untuk Tubuh

Manfaat Dari Kandungan Pisang Untuk Tubuh

Pisang merupakan buah yang sering di jadikan makanan penutup. Selain bagus untuk di konsumsi, buah  pisang juga memiliki rasa yang nyaman di mulut jenis pisang yang baik adalah pisang yang sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Buah yang satu ini selain memiliki rasa yang enak tetapi juga mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh.

Manfaat Dari Kandungan Pisang Untuk Tubuh  –  Kandungan kalium yang terdapat dalam buah pisang, merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalium menjaga keseimbangan air dalam sel sel tubuh anda dan menstabilkan struktur internal sel. Zat ini memegang peranan penting dalam produksi energi dan membantu mengatur gerakan syaraf di seluruh tubuh. Saat tubuh anda kehilangan cairan, baik melalui keringat,diare, muntah maupun produksi urine yang berlebihan, maka kalium pun akan dilepaskan.Kalium juga dapat terkuras habis karena konsumsi alkohol.. Gejala kekurangan kalium antara lain lemah otot, sakit otot dan lelah berlebihan.

Jadi Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah pisang, Karena buah pisang merupakan sumber kalium terbaik. Demi memperoleh zat yang maksimal Anda lebih baik makan pisang yang lebih matang karena apabila pisang di makan masih mentah, kandungan kalium yang terdapat dalam pisang akan lebih sedikit dan akan terasa pahit.

Pada jaman dahulu pisang merupakan bahan makanan pokok untuk bayi, karena memiliki daging yang lembut sehingga mudah di cerna oleh bayi. Mengkonsumsi buah pisang, dapat di konsumsi secara langsung maupun di buat jus terlebih dahulu.

Kandungan gula dalam pisang terdiri atas 7% sukrosa, 2% glukosa, dan hanya 1% fruktosa. Fruktosa adalah gula buah yang paling manis dibandingkan gula alami lainnya. Glukosa dapat cepat diserap tubuh karena sudah tersedia dalam bentuk gula darah. Sukrosa adalah gula biasa dan dikenal sebagai gula halus yang dapat ditemukan secara alami dalam beberapa jenis buah.Kandungan gula dalam pisang terdiri atas 7% sukrosa, 2% glukosa, dan hanya 1% fruktosa. Fruktosa adalah gula buah yang paling manis dibandingkan gula alami lainnya. Glukosa dapat cepat diserap tubuh karena sudah tersedia dalam bentuk gula darah. Sukrosa adalah gula biasa dan dikenal sebagai gula halus yang dapat ditemukan secara alami dalam beberapa jenis buah.

Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Manfaat Pisang Untuk Tubuh

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Vitamin A, C, dan B6 yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.
  • Obat hipertensi (tekanan darah tinggi)
    Kandungan kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah terkendali. Kandungan seratnya yang mampu mengikat lemak dapat mencegah terbentuknya plak yang berdampak naiknya tekanan darah.
  • Mencegah penyakit jantung
    Vitamin C dan flavonoid pada pisang yang bersifat antioksidan mencegah oksidasi lemak penyebab penyakit jantung. Kaliumnya merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.
  • Kesehatan janin
    Ibu hamil disarankan makan pisang karena kandungan asam folatnya mudah diserap janin.
  • Mengatasi anemia (kurang darah)
    Buah ini juga mengandung zat besi. Dua buah pisang setiap hari, cukup membuat penderita anemia terselamatkan.
  • Mengatasi gangguan pencernaan
    Pisang memiliki khasiat antasida serta mudah dicerna sehingga baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam lambung. Penelitian di Inggris terhadap hewan coba, hewan yang diberi makan pisang, dinding lambungnya menjadi lebih kuat. Untuk itu pilihlah pisang yang manis seperti pisang raja. Serat pada pisang melancarkan buang air besar. Vitamin B6-nya membantu meredakan gejala diare.
  • Menurunkan berat badan
    Karbohidrat kompleks tidak menaikkan kadar glukosa dengan drastis; juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Asalkan, pisang tidak diolah dalam bentuk banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak.

Itulah kandungan pisang yang dapat Anda rasakan setelah mengkonsumsinya. Benarkan bahwa pisang ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, jadi mulai dari sekarang konsumsilah buah pisang sebagai asupan – asupan gizi yang di butuhkan oleh tubuh kita. Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.

Baca Juga : Produk Alami Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Posted By : Rumah  Jelli Gamat

Manfaat Dari Kandungan Pisang Untuk Tubuh

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *