Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

Daun kemangi merupakan daun yang sering di jadikan lalab. Hampir seluruh masyarakat Indonesia, menjadikan tanaman ini sebagai makanan dan lalapan. Selain mempunyai rasa yang lezat, daun ini juga mempunyai wangi yang khas di bandingkan dengan daun lalapan yang lain.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh  –  Tidak hanya di jadikan makanan saja, daun ini juga bagus untuk membantu mengobati beberapa penyakit. Dengan di jadikan bahan ramuan obat bisa membantu mengobati perut kembung, kurang nafsu makan, luka, dan goresan dan masih banyak lainnya. Namun masih banyak juga masyarakat Indonesia yang mengetahui kandungan dari daun kemangi ini.

Tahukah anda sebenarnya ada 35 macam kemangi yang berbeda? Tanaman kemangi datang dalam berbagai variasi dan ukuran, namun kemangi suci adalah jenis kemangi yang paling banyak diteliti sejauh ini. Kemangi Suci adalah spesies kemangi yang paling terkenal dengan kualitas penyembuhannya yang kuat. Telah digunakan dari 300 perawatan herbal Ayurvedic yang berbeda selama ribuan tahun, termasuk tincture, teh, salep dan tonik.

Studi ilmiah telah membuktikan bahwa manfaat kemangi mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk:

  • Anti-inflamasi
  • Antioksidan
  • Dapat mengobati kanker
  • Dapat membantu mengobati diabetes
  • Mengobati demam
  • Pelindung hati
  • Pelindung pembuluh darah
  • Solusi anti stres

5 Manfaat Kesehatan Daun Kemangi

1. Mengandung anti oksidan

Salah satu manfaat utama dari daun kemangi adalah kemampuan untuk membantu melawan kerusakan radikal bebas sekaligus melindungi struktur dan sel DNA. Basil mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare, yang membantu melindungi sel darah putih yang bertanggung jawab untuk fungsi kekebalan tubuh.

2. Mengobati penyakit kanker

Studi klinis yang dipublikasikan di Nutrition and Cancer juga menunjukkan bahwa basil mengandung phytochemicals, yang dapat membantu mencegah kanker termasuk kanker hati, kanker mulut dan paru-paru. Basil mampu meningkatkan aktivitas antioksidan, secara positif mengubah ekspresi gen, menginduksi apoptosis sel kanker (kematian sel berbahaya) dan menghentikan penyebaran tumor kanker.

3. Mengandung sifat anti bakteri

Manfaat daun kemangi selanjutnya yaitu untuk memberikan perlindungan terhadap pertumbuhan bakteri berbahaya. Dalam studi, ekstrak basil bahkan terbukti bermanfaat dalam menghambat strain bakteri yang resisten yang tidak merespons pengobatan antibiotik. Hal ini menyebabkan peneliti terus mempelajari bagaimana kemangi dan minyak antibakteri lainnya dapat membantu melawan penyakit dan infeksi resistan antibiotik .

4. Mempunyai sifat anti mikroba yang melawan virus dan infeksi

Daun Kemangi telah ditemukan untuk menunjukkan aktivitas anti-mikroba terhadap berbagai bakteri, ragi , jamur dan virus. Ini berarti Anda bisa menambahkan perlindungan terhadap virus candida dan berbagai bentuk iritasi kulit ke daftar panjang manfaat kemangi yang terbukti.

5.  Memerangi Stres

Studi menunjukkan bahwa kemangi memiliki potensi kuat untuk bertindak sebagai adaptogen alami, obat herbal yang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan stres dan menormalkan efek berbahaya dari stres pada proses tubuh. contoh, ketika peneliti mempelajari efek anti-stres dari daun kemangi segar yang diberikan pada kelinci yang terpapar lingkungan dengan tekanan tinggi, mereka menemukan peningkatan yang signifikan dalam tingkat stres oksidatif setelah penggunaan kemangi.

Itulah beberapa manfaat dari daun kemangi yang dapat Anda gunakan sebagai bahan ramuan herbal untuk mengobati kanker dan lain – lain. Untuk Anda yang sering mengalami stres, Anda juga dapat mengkonsumsi dan kemangi ini untuk membantu penyesuain diri terhadap stres.

Baca Juga : Inilah 5 Gejala Kolesterol Yang Tidak Anda Sadari

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *