Penyebab Dan Ciri Ciri Kekurangan Daya Tahan Tubuh

Penyebab Dan Ciri Ciri Kekurangan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh merupakan senjata bagi manusia untuk melindungi tubuh dari beberapa serangan penyakit. Namun memiliki daya tahan tubuh yang kuat itu tidak akan datang sendirinya, dan pastinya harus ada usaha. Padahal dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi hal tersebut sudah termasuk prilaku yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyebab Dan Ciri Ciri Kekurangan Daya Tahan Tubuh  –  Apakah Anda tahu turunnya daya tahan tubuh dapat meningkatkan resiko terserangnya penyakit ?. Tidak hanya itu, berkurangnya daya tahan tubuh juga dapat terkena penyakit HIV.

Meskipun daya tahan tubuh memiliki sifat alamiah, namun dengan pola makan dan pola hidup kita yang tidak sehat hal tersebut dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya Anda melakukan pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan yang akan di konsumsi.

Jika Anda mengalami sering sakit sakitan, itu tandanya Anda mengalami gangguan terhadap daya tahan tubuh Anda. Karena dengan berkurangnya sistem kekebalan tubuh virus atau bakteri akan sangat mudah memasuki tubuh Anda. Berikut adalah beberapa penyebab dari rendahnya sistem kekebalan tubuh.

1. Kekurangan gizi

Tubuh membutuhkan mikronutrien seperti vitamin dan mineral. Kekurangan gizi bisa berakibat fatal dalam jangka pendek atau panjang.

2. Paparan zat berbahaya
Paparan zat berbahaya seperti pestisida, insektisida, bahan pembersih kimia biasanya sering ditemukan di rumah, tempat kerja atau industri. Selain itu, merokok dan alkohol juga mengandung zat-zat menurunkan imunitas.

3. Racun tubuh
Tubuh memproduksi racun sendiri selama metabolisme. Jika racun ini tidak berhasil keluar dari tubuh, mereka dapat berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

4. Stres
Stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena melepas hormon seperti neuro-endokrin, glukokortikoid dan katekolamin. Stres bahkan bisa berdampak buruk pada produksi antibodi.

5. Penyalahgunaan antibiotik
Penggunaan antibiotik yang berlebihan atau teratur bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh. Jadi, ketika bakteri menyerang lagi, sistem kekebalan tubuh akan gagal melawannya.

Ciri ciri daya tahan tubuh lemah

1.Bobot badan makin berat
2.Rongga hidung terlalu kering
3.Tidak cukup minum
4.Stres berkepanjangan
5.Sering tidak enak badan

Itulah beberapa penyebab dan ciri daya tahan tubuh yang lemah. Selain beberapa penyebab di atas, daya tahan tubuh lemah juga dapat disebabkan beberapa faktor dari makanan atau kurang istirahat. Untuk itulah Anda harus bisa menjaga prilaku hidup sehari – hari agar sistem kekebalan tubuh Anda tidak pernah menurun.

Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sebaiknya Anda sering berolahraga rutin seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, pilsates ataupun yoga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu pikiran akan menjadi lebih rileks dengan berolahraga.

Semoga artikel berjudul yang dapat kami samapaikan pada kesempatan kali ini bisa memberikan informasi dan manfaat mengenai bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu bertahan dari berbagai serangan penyakit. Karena memiliki tubuh sehat dan bugar merupakan impian semua orang termasuk Anda.

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Baca Juga :

Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lemah

Harga Dan Manfaat Walatra Albumin 100% Ekstrak Ikan Gabus

Penyebab Dan Ciri Ciri Kekurangan Daya Tahan Tubuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *