Ternyata Vitamin A Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Ternyata Vitamin A Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Vitamin A merupakan salah jenis vitamin yang larut dalam lemak. Meski istilah vitamin A sering merujuk pada senyawa retinol, namun kelompok ini terdiri dari beberapa senyawa lain, yaitu retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat.

Tidak hanya bermanfaat untuk mata, namun vitamin A juga sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh lainnya. Semua manusia memang sangat memerlukan asupan nutrisi vitamin salah satunya adalah vitamin A, bahkan tidak hanya anak – anak saja yang memerlukan vitamin A namun oarang dewasa, bayi dan lansia juga sangat memerlukan asupan nutrisi vitamin A.

Manfaat vitamin A Untuk Tumbuh Kembang Anak :

  • Kesehatan Mata
    Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.
  • Antioksidan
    Salah satu bentuk Vitamin A yang dikenal dengan Beta Karoten, merupakan senyawa dengan aktifitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar.

  • Sistem Imun
    Vitamin A juga berfungsi sebagai sistem inum eksternal yang melindungi tubuh dari radikal bebas, virus, bakteri, jamur dan patogen. Mencukupi asupan vitamin A harian berarti meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mencegah Kanker
    Vitamin A mampu melawan kanker dengan menekan pertumbuhan DNA dalam sel-sel kanker.

  • Penyembuhan Luka
    Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Pertumbuhan
    Vitamin A juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio pada janin, dan menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.

Perbaikan gizi pada anak-anak yang mengidap defisiensi vitamin A (VAD) akan mengurangi tingkat kematian anak sebanyak 23%, atau hampir ¼ angka mortalitas anak. Lebih lanjut, anak-anak yang mengonsumsi vitamin A dalam jumlah cukup akan lebih produktif dan mengurangi jumlah absen di sekolah akibat sakit.

Apa Akibatnya Jika Anak Kekurangan Vitamin

  • Kekurangan vitamin A dapat disebabkan oleh gizi yang tidak seimbang, malabsorpsi lemak, atau gangguan hati. Defisiensi vitamin A akan melemahkan sistem imun dan produksi sel darah merah (hematopoiesis), menyebabkan ruam kulit, dan gangguan penglihatan (contohnya xerophthalmia, rabun malam).

Vitamin yang diperlukan anak – anak

  • Usia 1 – 3 tahun: 1,000 IU, atau 300 mikrogram (mcg) retinol activity equivalent (RAE) vitamin A setiap hari
  • Usia 4 tahun dan lebih: 1,333 IU, atau 400 mcg RAE setiap hari

Anda tidak harus memenuhi seluruh total AKG dari vitamin A untuk anak Anda dalam satu hari. Alternatifnya, Anda bisa menyicil pemenuhan asupan vitamin A si kecil sesuai dengan jumlah rekomendasi sebagai rata-rata dalam beberapa hari sekali atau per minggu. Semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung ke halaman kami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Suplemen Penambah Berat Badan Pada Anak

Vitamin Untuk Anak Balita Yang Susah Makan

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Ternyata Vitamin A Sangat Penting Bagi Tumbuh Kembang Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *