Bahaya Kekurangan Albumin Dalam Darah

Bahaya Kekurangan Albumin Dalam Darah

Darah adalah cairan tubuh pada manusia dan hewan lainnya yang mengangkut senyawa penting seperti nutrisi dan oksigen ke dalam sel dan mentranspor produk buangan metabolik dari sel. Darah adalah komponen penting dalam tubuh kita (dan hewan lainnya). Jika kita menggores jari kita menggunakan pisau, kita akan melihat jari kita mengeluarkan cairan berwarna merah.

Darah sendiri memang sangat memerlukan cairan albumin. Albumin merupakan jenis protein terbanyak di dalam plasma yang mencapai kadar 60%. Nilai normal albumin didalam darah sekitar 3,5-5 g/dl.

Fungsi dari albumin adalah,pertama mengangkut molekul-molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Fungsi ini erat kaitannya dengan bahan metabolisme-asam lemak bebas dan bilirubin dan berbagai macam obat yang kurang larut dalam air tetapi harus diangkut melalui darah dari satu organ ke organ lainnya agar dapat dimetabolisme atau diekskresi.

Albumin merupakan protein penting yang terdapat dalam plasma darah yang produksinya hanya dilakukan di hati dan dikeluarkan langsung ke sirkulasi darah.

Karena itu didalam ilmu kedokteran,albumin dimanfaatkan untuk mepercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah, misalnya karena operasi,pembedahan,atau luka bakar. Faedah lainnya albumin bisa menghindari timbulnya sembab paru-paru dan gagal ginjal serta sebagai carrier faktor pembekuan darah.

Konsentrasi albumin yang rendah dalam tubuh dapat disebabkan karena beberapa hal diantaranya malnutrisi, penyakit kronis (sirosis),malabsorbsi,luka bakar hebat,saat menjalani operasi,kelainan fungsi ginjal,dan lain-lain.

Berikut ini merupakan beberapa bahaya kekurangan albumin dalam darah :

1. Gangguan Tekanan Darah

Sistem peredaran darah tak dapat terlepas begitu saja dengan sistem hidrasi atau cairan dalam tubuh. Saat terjadi ketidakseimbangan cairan dalam tubuh maka hal ini berdampak langsung pada sistem peredaran darah yang sangat berpengaruh terhadap tekanan darah dalam tubuh.

2. Bengkak

Ketidakseimbangan jumlah albumin tubuh dalam jumlah normal dapat mengakibatkan gangguan, antara lain munculnya pembengkakan pada beberapa daerah tubuh tertentu. Hal ini disebabkan karena terganggunya sistem osmosis tubuh yang menyebabkan cairan terus merembes memasuki jaringan dan pada akhirnya akan menumpuk dan mengakibatkan timbulnya bengkak.

3. Kerusakan pada tempat pembuatan albumin tubuh.

Pada penderita sirosis, produksi albumin berkurang karena kerusakan sel-sel hati tempat pembuatan (sintesa) albumin. Tidak hanya pembuatannya yang menurun, sirosis juga menyebabkan aliran darah jaringan hati memburuk sehingga distribusi albumin memburuk.

4. Peradangan jangka panjang (kronis) dan akut.

Proses peradangan membuat pembuluh darah kapiler lebih mudah ditembus albumin, sehingga albumin dapat bocor ke jaringan. Ditambah lagi pembentukan albumin pada saat mengalami infeksi akut atau kronis.

5. Hemodilusi.

Kondisi di mana terjadi pengenceran volume darah. Biasanya kondisi ini menyertai gejala asites, yaitu penumpukan cairan di rongga perut. Pada hemodilusi, produksi albumin mungkin normal atau bahkan meningkat tapi tampak menurun pada pemeriksaan sampel darah karena darah lebih encer oleh cairan tubuh.

Efek plasma albumin yang rendah akan berhubungan dengan fungsi mempertahankan sel dalam sirkulasi darah dan jika kondisinya ekstrem akan berpengaruh pada fungsi pengantaran zat gizi kedalam jaringan dengan membentuk udema(penumpukan cairan) lokal, low serum kalsium walaupun tidak terdapat tanda adanya gangguan metabolisme kalsium.

Itulah beberapa bahaya kekurangan albumin dalam darah yang harus Anda waspadai. Semoga dengan adanya informasi yang telah kami berikan saat ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung ke halaman kami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya : 

Cara Mengobati Penyakit Hipoalbuminemia Secara Alami Dan Cepat

Cara Mengatasi Kekurangan Albumin Dalam Darah Dengan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Bahaya Kekurangan Albumin Dalam Darah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *