Benarkah Propolis Dapat Mengobati Luka

Benarkah Propolis Dapat Mengobati Luka – Manfaat Propolis

Selamat berkunjung di halaman kami www.rumahjellygamat.com yang merupakan website resmi dengan memberikan beberapa manfaat informasi – informasi seputar kesehatan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat propolis untuk kesehatan. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan yang namanya propolis, namun apakah Anda sudah tahu mengenai manfaat propolis yang dapat mengobati luka ? simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Propolis Untuk Luka

Benarkah Propolis Dapat Mengobati Luka   –  Propolis atau Lem Lebah adalah suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang. Kebanyakan orang mungkin hanya tahu bahwa serangga lebah hanya menghasilkan madu saja.

Bahkan propolis ini merupakan zat imune bagi lebah karena memiliki pungsi yang dapat menghindarkan lebah dari beberapa serangan bakteri. Bahkan telah di ketahui propolis memiliki manfaat perlindungan yang sangat luar biasa bagi para lebah, sebagai mana uji coba yang dilakukan dengan meletakkan tikus yang sudah mati di sarang lebah, dan selama 5 tahun batang tikus tersebut tidak mengalami pembusukan.

Di ambil dari bahasa yunani propolis memiliki arti ( perlindungan kota ) Propolis sudah banyak di amati, di teliti, dan dikembangkan dalam laboratorium untuk dilakukan proses pengekstrakan yang kemudian di analisis berbagai manfaat yang bisa di berikan oleh propolis lebah tersebut.

Kandungan propolis

Kandungan propolis yang paling utama 55% resin 30% lilin lebah alias wak, 10% minyak dan 5% serbuk sari. Bahkan propolis juga mengandung senyawa bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya yaitu asam sinamat, alkohol sinamal, vanilin, asam kaveat, fenetil ester, tetok risin dan masih banayak lainnya. Senyawa senyawa diatas, bersipat antibiotik.

Kandungan lain dari propolis.

Universitas Oxford melakukan penelitain pada tahun 1987 terhadap propolis dan menyimpulkan bahwa di dalam propolis mengandung sekitar 149 jenis bahan aktif. Institut Kanzan meneliti kandungan kompleks yang terdapat di dalam propolis lebah diantaranya:

  • 34 jenis bioflavonoid, yang merupakan senyawa alamiah pada tumbuhan. Kepekatannya mencapai 500 kali lipat dari kandungan antibiotik pada jeruk.
  • Berbagai macam Vitamin seperti: Vitamin A, provitamin A, B kompleks (B1,B2,B3,B4,B5,B6,B12), Vitamin C, D, E, Biovin.
  • Kandungan mineral yang bermacam, seperti: Albumin, Magnesium, Cacium, Iron Zine) 16 Asam amino (protein)\
  • Enzim yang bermacam, seperti: kanji, histone, protein, dan trypsin,

Beberapa luka yang dapat diobati oleh propolis

Seperti luka melepuh pada bagian kulit. Luka melepuh di sekitar bibir disebut juga cold sore, diduga bisa diobati dengan propolis. Mengoleskan propolis pada lepuh tersebut diperkirakan dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Bahkan propolis juga telah dipercaya dapat membantu penyembuhan luka herpes genital yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyembuhan luka lebih cepat jika dibandingkan dengan pengobatan konvensiona.

Nah itulah manfaat dari propolis untuk mengobati luka bahkan masih banyak lagi luka yang dapat diobati dengan propolis ini, karena pada dasarnya propolis dapat mengobati berbagai luka entah itu luka luar maupun luka dalam. Oleh sebab itu, konsumsi propolis mampu untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh.

Ekstrak propolis kini banyak di jadikan ke dalam bentuk obat tetes. Obat tetes propolis bisa digunakan untuk mengatasi masalah dari dalam dan juga bisa digunakan untuk obat luar. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan saat ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung ke halaman kami.

Jangan Lupa Untuk Membaca Artikel Menarik Dibawah Ini

Harga Dan Manfaat Walatra Propolis Brazil

Harga Dan Manfaat Walatra Green Coffee

Vitamin Untuk Anak Balita Yang Susah Makan

Benarkah Propolis Dapat Mengobati Luka

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *