Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit

Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit

Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit  –  Seorang pasangan pasti sangat ingin memiliki anak karena mempunyai buah hati merupakan pelengkap dalam sebuah pernikahan. Namun tidak jarang kebanyakan orang tua sangat mengkhawatirkan kesehatan anaknya, apalagi anak – anak memang cenderung sering mengalami sakit.

Kekhawatiran karena si kecil sering mengalami sakit yang mengakibatkan tumbuh kembang si kecil menjadi terganggu. Hal tersebut memang sering di alami oleh para orang tua, karena anak yang sering mengalami sakit berat badan pun akan lebih menurun. Untuk itu bunda harus lebih memperhatikan kesehatan anak bunda supaya tidak gampang sakit.

Sering mengalami sakit bisa membuat malapetaka di sekujur tubuh anak Anda yang dapat menyebabkan si kecil kehilangan banyak berat badan dengan cepat. Maka begitu kondisi si kecil membaik, penting untuk mengembalikan berat badan itu karena kekurangan berat badan dapat memperlambat pemulihan anak Anda, menurut Pusat Kesehatan McKinley.

Salah satu penyebab berat badan anak menurun :

  • Gangguan pencernaan

Gangguan sistem pencernaan menjadi faktor utama penyebab berat badan anak turun drastis, salah satunya adalah Si Kecil mengalami diare yang dapat menyebabkan anak menjadi tidak nafsu makan serta mengeluarkan banyak cairan dalam tubuhnya sehingga membuat berat badannya menurun dengan drastis.

  • Diabetes

Siapa bilang penyakit diabetes hanya dapat menyerang orang dewasa? Anak-anak pun juga dapat terkena diabetes. Sayangnya banyak orangtua yang tidak tahu bahwa anaknya menderita diabetes, sehingga penanganannya seringkali terlambat. Salah satu tanda anak mengalami diabetes adalah berat badan yang terus menurun dan seringkali terlihat lemas.

Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi keinginan para orangtua, salah satunya terlihat dengan berat badan anak yang stabil.Untuk mewaspadai hal tersebut, pentingnya para orangtua mengetahui penyebab berat badan anak turun drastis, seperti di atas.

Menambah Berat Badan Anak

Anak atau bayi yang sedang sakit sering menjadi rewel, gelisah dan tidak mau menyusui dan makan. Sebenarnya ini merupakan sesuatu yang wajar karena mungkin bayi merasa mual dan nafsu makan sedang menurun. Tetap berusaha diberikan asupan ASI dan makanan tambahan. Dapat juga diberikan jus buah atau pure buah yang segar.

Setelah bayi sembuh dan pulih kembali barulah diberikan asupan makanan dan minuman yang bergizi. Orang tua harus mengetahui cara menambah berat badan anak setelah sakit. Tetap berikan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.

Perhatikan asupan makanan pendamping anak khusus bagi yang telah berusia 6 bulan ke atas. Misalnya untuk balita yang berusia 10 bulan dapat diberikan ASI semaunya bayi, nasi tim pagi, nasi tim siang, nasi tim sore, 1 kali buah saring, 1 kali makanan selingan dan 1 kali sebutir telur rebus.

Sebaiknya makanan yang kurang sehat dikurangi agar tidak menurunkan daya tahan tubuh balita kembali. Makanan yang kurang sehat misalnya makanan instan dan makanan gorengan. Makanan yang dimasak dengan santan kental sebaiknya tidak diberikan dahulu agar tidak eneg.

Cara menambah berat badan anak setelah sakit tersebut dapat dicoba agar berat badan anak menjadi ideal kembali. Intinya adalah berikan makanan dengan kandungan gizi seimbang dan tinggi kalorinya. Anak-anak harus segera memperoleh berat badan idealnya kembali setelah sakit.

Baca Juga Artikel menarik Lainnya :

Suplemen Penambah Berat Badan Pada Anak

Vitamin Untuk Anak Balita Yang Susah Makan

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Cara Menambah Berat Badan Anak Setelah Sakit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *