Cara Mengatasi Penyakit Heartburn pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Penyakit Heartburn pada Ibu Hamil

Selamat datang di situs resmi www.rumahjellygamat.com yang merupakan salah satu halaman terbaik kami, dengan menyediakan beberapa informasi seputar kesehatan dan pengobatan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai heartburn pada Ibu hamil. Namun sebelum itu alangkah baiknya kita mengetahui gejala dan penyebab penyakit heartburn pada ibu hamil.

Memang ada banyak keluhan yang sering dialami oleh wanita yang tengah hamil dimana salah satunya adalah heartburn. Heartburn merupakan kondisi dimana ibu hamil merasakan rasa panas di bagian ulu hati atau bisa pula pada bagian dada. Heartburn banyak dialami oleh ibu hamil yang memasuki usia trisemester ketiga pada usia kehamilan mereka.

Heartburn Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Penyakit Heartburn pada Ibu Hamil  –  Penyakit heartburn memang bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia. Bukan hanya merasakan panas pada bagian dada, ibu hamil juga sering mengalami rasa ditusuk-tusuk oleh benda tajam di bagian ulu hatinya. Bahkan selain ibu hamil penyakit ini juga dapat menyerang terhadap siapa saja.

Adapun yang menyebabkan gejala ini adalah ketika makanan yang dikonsumsi yang telah berada di dalam lambung terdesak menuju arah kerongkongan. Kondisi ini juga dikenal dengan naiknya asam lambung menuju kerongkongan akibat desakan rahim yang semakin hari semakin bertambah ukurannya.

Penyebab

Apa penyebab heartburn?

Heartburn disebabkan oleh asam lambung yang naik keatas (refluks) dari lambung ke esofagus. Saat Anda menelan makanan atau minuman, otot pada ujung esofagus akan membesar untuk mendorong makanan ke lambung dan menutup. Namun, apabila otot tersebut melemah atau terpengaruh, asam lambung dapat kembali ke esofagus dan menyebabkan heartburn.

Gejala Heartburn

Ada beberapa gejala yang umumnya dialami oleh penderita heartburn seperti :

  • Terdapat sensasi terbakar pada bagian dada
  • Rasa sakit tersebut terkadang menyebar hingga pada bagian dada
  • Kesulitan menelan makanan akibat rasa sakit yang timbul pada bagian dada akibatnya selera makan menjadi turun
  • Batuk kering yang bisa pula diikuti dengan suara serak
  • Rasa sakit pada bagian tenggorokan

Bagi anda yang mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera berbaring dengan posisi kepala dan dada berada lebih atas dibandingkan dengan perut. Jangan lupa untuk memperbanyak buah dan sayur serta hindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu heartburn seperti makanan-makanan pedas serta makanan dengan kandungan lemak yang cukup tinggi.

Dibandingkan dengan ibu hamil yang lain, maka Ibu hamil dengan riwayat maag memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami heartburn di masa kehamilannya. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena keluhan dari heartburn ini bisa diatasi. Untuk mencegah atau terhindar dari penykait ini, sebaiknya Anda menghindari pemicunya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Pengobatan Herbal Alami Penyakit Hemofilia Paling Ampuh
Obat Polisitemia Vera Herbal Paling Ampuh Dan Efektif
Cara Alami Mengatasi Pilek Pada Anak

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Cara Mengatasi Penyakit Heartburn pada Ibu Hamil

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *