Gusi Bengkak Dan Bernanah Mungkin Ini Penyebabnya

Gusi Bengkak Dan Bernanah Mungkin Ini Penyebabnya

Gusi Bengkak Dan Bernanah Mungkin Ini Penyebabnya  –  Abses gigi adalah sekumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada bagian dalam gigi. Kondisi ini biasanya muncul sebagai akibat dari rongga gigi tidak diobati, adanya retakan atau serpihan pada gigi anda yang memungkinkan bakteri masuk ke dalam gigi bagian dalam.

Pengobatan untuk abses gigi biasanya dilakukan dengan menguras abses dan membersihkan daerah infeksi. Gigi yang terinfeksi juga dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar, tetapi dalam beberapa kasus mungkin tetap perlu untuk dicabut. Abses gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan mengancam jiwa.

Infeksi bakteri penyebab abses gigi umumnya terjadi pada orang dengan kebersihan dan kesehatan gigi yang buruk. Nanah yang berkumpul pada benjolan, lambat laun akan terasa bertambah nyeri, nah untuk itu alangkah baiknya jika pengobatan abses pada gigi segera di obati.

Penyakit ini dapat dicegah dengan cara menyikat gigi secara rutin atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Sebaiknya seseorang rutin memeriksakan giginya ke dokter gigi untuk menghindari terjadinya kerusakan dan abses gigi.

Gejala Abses Gigi
Beberapa gejala yang biasanya dirasakan oleh penderita abses gigi adalah:

  • Demam.
  • Sensitif pada tekanan saat mengunyah atau menggigit.
  • Sensitif pada suhu panas atau dingin.
  • Pembengkakan pada wajah atau pipi.
  • Nyeri parah dan berdenyut pada gigi, yang dapat menyebar ke tulang rahang, leher, atau telinga.
  • Kelenjar getah bening di bawah rahang atau di leher membengkak dan terasa nyeri.
  • Saat benjolan abses pecah, mendadak tercium bau tidak enak dari dalam mulut, dan lidah mengecap rasa busuk, serta cairan asin muncul di dalam mulut.
  • Kemerahan pada mulut dan wajah.

Penyebab

Abses gigi periapical terjadi ketika bakteri menyerang pulpa gigi, yaitu bagian terdalam dari gigi yang berisi pembuluh darah, saraf dan jaringan ikat. Bakteri masuk melalui lubang atau retakan gigi dan menyebar sampai ke akar. Infeksi bakteri dapat menyebabkan pembengkakan dan peradangan di ujung akar.

Bakteri masuk melalui rongga gigi atau serpihan atau retakan pada gigi dan menyebar sampai ke akar. Infeksi bakteri menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Ruang sempit di mana peradangan terjadi mendorong nanah agar masuk ke dalam saku (abses) di ujung akar.

Komplikasi Abses gigi tidak akan hilang tanpa adanya upaya pengobatan. Jika abses pecah, rasa nyeri mungkin dapat menurun secara signifikan – namun perawatan gigi masih tetap diperlukan. Jika abses tidak mengering, infeksi dapat menyebar ke rahang dan area lain dari kepala dan leher. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan sepsis – infeksi yang mengancam jiwa.

Jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tidak menjalani pengobatan untuk abses gigi, risiko penyebaran infeksi (bahkan) akan menjadi lebih besar daripada orang lain dengan sistem kekebalan tubuh jika tidak segera mendapatkan obat abses ampuh.

Perawatan dan pengobatan

Tujuan dari pengobatan adalah untuk menghilangkan infeksi. Untuk mencapai hal ini, dokter gigi Anda mungkin akan:

  • Membuka dan mengeringkan abses: Dokter gigi akan membuat potongan kecil keabses untuk membuat nanah keluar, dan kemudian area dicuci dengan garam (saline).
  • Melakukan kanal akar: Prosedur ini dapat membantu menghilangkan infeksi dan menyelamatkan gigi Anda. Untuk melakukan hal ini, dokter akan mengebor gigi dan menghilangkan jaringan pusat yang sakit (pulp) dan saluran air abses. Dokter kemudian mengisi dan menyegel ruang pulpa dan saluran akar gigi, serta menutup gigi dengan untuk meningkatkan kekuatan gigi, terutama untuk gigi geraham.
  • Meresepkan antibiotik: Jika infeksi hanya terjadi pada daerah bengkak, Anda mungkin tidak perlu antibiotik. Tapi jika infeksi telah menyebar ke gigi di dekatnya, rahang atau daerah lain, dokter gigi Anda akan cenderung meresepkan antibiotik untuk menghentikannya dari penyebaran lebih lanjut. Dokter juga merekomendasikan antibiotik jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gusi Bengkak Dan Bernanah Mungkin Ini Penyebabnya

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Cara Mengobati Abses Pada Gusi Yang Sudah Pecah
Cara Mengobati Cantengan Yang Sudah Parah Tanpa Operasi
Cara Penyembuhan Penyakit Buerger Disease Secara Alami Dan Cepat

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *