Ketahui Beberapa Cara Untuk Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Ketahui Beberapa Cara Untuk Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

Telinga kemasukan air memang sering terjadi saat kita berenang maupun mandi biasa, hal ini memang sangat menyebalkan. Telinga yang kemasukan air memang sering di anggap sepele oleh kebanyakan orang, namun hal itu sangatlah salah karena telinga yang kemasukan air lama kelamaan bisa mengakibatkan gangguan telinga yang lebih serius.

Perlu Anda ketahui, bahwa selama air masih terjebak di dalam telinga lama kelamaan dapat mengakibatkan rasa sakit dan tidak nyaman di dalam telinga. Selain itu lebih bahayanya lagi kemungkinan besar Anda akan mengalami infeksi telinga yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Air yang masuk ke telinga dalam jangka waktu tidak sebentar san terjadi secara berulang-ulang dapat meningkatkan risiko peradangan pada saluran telinga, misalnya pada seseorang yang sering berenang. Peradangan yang dimaksud bisa berupa kemerahan dan pembengkakan pada saluran telinga eksternal (luar).

Gejala Yang Akan Dirasakan Akibat Telinga Kemasukan Air

Jika telinga kemasukan air dan menyebabkan infeksi pada telinga luar, ada beberapa tanda yang bisa dijadikan tanda. Untuk gejala infeksi yang bersifat ringan antara lain:

  • Telinga sedikit kemerahan
  • Gatal di saluran telinga
  • Nyeri saat daun telinga ditarik
  • Mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau

Cara Mengeluarkan Air dari Telinga

Agar masalah telinga kemasukan air tidak berkembang menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera upayakan untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. Beberapa cara di bawah ini bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari telinga.

  • Miringkan kepala ke samping

Cara lain untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala ke arah telinga yang kemasukan air. Jika perlu, lakukan hal tersebut sambil melompat kecil dengan satu kaki agar air terdorong ke luar. Tariklah daun telinga agar kanal membuka lebih luas sehingga memudahkan air keluar.

  • Menguap

Cara lain yang kemungkinan bisa membantu membebaskan air dari dalam telinga, terutama dari bagian Eustachius, adalah dengan menguap. Gerakan ini mungkin saja membantu melegakan ketegangan bagian telinga sehingga bisa menguras air keluar.

  • Mengunyah sesuatu

Biasanya air yang masuk ke telinga akan terjebak di bagian tabung eustachio. Bagian tersebut merupakan salah satu bagian dari telinga bagian dalam. Untuk membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah, gerakan mengunyah bisa membantu. Jika perlu, mengunyahlah sembari memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.

  • Lap telinga dengan kain

Saat telinga kemasukan air, cara mudah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengelap telinga menggunakan kain. Mengelap telinga bagian luar secara perlahan-lahan memakai kain yang halus mungkin bisa menyerap sebagian air di telinga. Lakukan pengelapan ini sambil memiringkan telinga yang kemasukan air ke arah kain. Pastikan untuk tidak mendorong kain ke bagian dalam telinga karena justru akan mendorong air.

Nah beberapa cara untuk mengeluarkan air dalam telinga seperti yang telah kami tulis diatas, bisa Anda lakukan ketika Anda mengalami masuknya air ke dalam telinga. Saat cara-cara di atas tidak mempan dan saluran telingamu justru terasa gatal dan tampak memerah. Segera periksakan diri ke dokter karena kondisi tersebut merupakan gejala infeksi.

Terdapat banyak cara mengeluarkan air dari telinga. Semuanya pun mudah dilakukan. Tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Seperti jangan memasukkan apapun ke dalam telinga karena dapat menyebabkan iritasi. Semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

Ketahui Beberapa Cara Untuk Mengatasi Telinga Yang Kemasukan Air

POSTED BY : Rumah Jelly Gamat

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Mengobati Abses Pada Gusi Yang Sudah Pecah
Obat Herbal Telinga Berair Dan Bau Paling Ampuh
Obat Infeksi Saluran Kemih Di Apotik | PALING AMPUH

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *