Khasiat Lempuyang Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Lempuyang Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Lempuyang Untuk Pengobatan Tradisional  –  Lempuyang merupakan salah satu tanaman tradisional di Indonesia, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman yang satu ini tergolong salah satu tanaman di Indonesia yang memiliki kandungan bermanfaat banyak. Tanaman ini telah sering digunakan sebagai alternatif pengobatan herbal alami, karena kandungan yang terdapat didalamnya terdapat beberapa kandung yang dapat membantu pengoabatan.

Pada jaman dahulu  pengobatan alternatif dengan memanfaatkan tanaman lempuyang ini memang telah lama di gunakan oleh nenek moyang. Lempuyang yang dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi maag adalah lempuyang wangi dengan ciri-ciri memiliki batang yang semu dan terdiri dari kelopak daun yang saling membungkus. Lempuyang wangi ini juga memiliki rimpang yang berukuran besar dengan warna daging yang kuning pucat.

Khasiat lempuyang ini telah banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, karena tanaman yang satu ini memang dikenal memiliki   beberapa kandungan yang dapat mengobati penyakit. Rempah ini kaya akan minyak atsiri, terutama limonen dan zerumbon (zat anti kejang). Khasiat lempuyang juga untuk melawan sel-sel kanker melakukan induksi apoptosis.

Lantas Apa Saja Khasiat Dari Lempuyang Ini ?

  • Mampu Mengatasi Rematik

Kaki merupakan bagian tubuh yang dapat mengalami gangguan kesehatan berupa rasa pegal berlebih yang disertai dengan rasa ngilu pada tulang kaki. Cara mengolahnya yakni dengan mencampur rimpang lempuyang dengan cabe jawa yang telah dilumatkan lalu ditambah dengan campuran nasi kering. Berbagai macam komposisi tersebut dicampur hingga merata lalu tempelkan pada kaki atau bagian tubuh yang merasa sakit.

  • Mampu Mengobati TBC

Penyakit TBC merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap remeh lagi karena gejala dan efeknya pada kondisi kesehatan tubuh. Untuk itu sebaiknya mengobatinya menggunakan obat tradisional dengan menggunakan lempuyang sebagai bahan utama. Kandungan didalamnya dapat menetralisir racun didalam tubuh.

  • Mengatasi Iritasi Kulit Akibat Alergi

Ketika mengkonsumsi suatu makanan bagi sebagian orang akan mengalami gangguan masalah pada kulit akibat alergi. Untuk itu perlu diobati menggunakan obat tradisional yang berbahan lempuyang. Pertama, iris tipis bagian rimpang lempuyang pahit lalu seduh seperti teh lalu minum secukupnya secara teratur hingga gejala alergi mereda.

  • Mengatasi panas dan demam

Jangan panik ketika si kecil menderita demam dan suhu tubuhnya meningkat secara drastis. Memang kondisi ini dapat memicu kejang pada anak, jika tidak ditangani dengan segera. Rimpang lempuyang mengandung zat zerumbon yang bersifat anti kejang, sehingga efektif sebagai obat penurun panas.

  • Mengatasi tekanan darah rendah

Penyakit hipotensi menyebabkan penderita merasa pusing, lemas, dan penglihatan kabur hingga pingsan. Obat tradisional untuk darah rendah adalah lempuyang. Ambil lempuyang wangi, cuci dengan air mengalir. Parut rimpangnya, tambahkan dengan sedikit air dan gula merah. Rebus sampai mendidih selama beberapa saat, angkat. Minum airnya 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1 sdm.

Itulah manfaat dari lempuyang yang dapat Anda ketahui, namun selain manfaat di atas, masih banyak beberapa manfaat tanaman yang satu ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Semoga dengan adanya informasi yang dapat kami sampaikan saat ini, dapat bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung di halaman kami dan dapat menambah wawasan terhadap Anda.

Baca Juga Artikel menarik Lainnya 

Pengobatan Alternatif Tulang Retak Dan Patah Secara Alami
Walatra Sehat Sendi Harga Dan Manfaat
Obat Infeksi Saluran Kemih Di Apotik

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Khasiat Lempuyang Untuk Pengobatan Tradisional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *