Penyebab Berat Badan Bayi Menurun Di Usia 7 Bulan

Penyebab Berat Badan Bayi Menurun Di Usia 7 Bulan

Penyebab Berat Badan Bayi Menurun Di Usia 7 Bulan  –  Orangtua kadang menilai jika berat badan turun berarti bayi kurang gizi. Alhasil, si kecil dipaksa untuk makan lebih banyak atau memberinya vitamin agar cepat gemuk. Padahal, penurunan berat dadan tidak mesti menandakan pertumbuhan si kecil bermasalah. Asalkan masih dalam range normal pada grafik pertumbuhan tadi.

Kisaran normal berat badan bayi yang beru lahir yaitu sekitar 2,5 hingga 4 kg. Nah, berat tersebut biasanya akan mengalami penurunan di minggu pertama sekitar 7 sampai 10%. Memasuki minggu kedua dan ketiga berat badan si kecil akan kembali mengalami kenaikan secara normal.

Jika dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya si kecil mengalami masalah penurunan berat badan yang dibarengi dengan masalah pada tinggi badan maka sebaiknya segera melakukan penanganan dengan baik. Jangan menyepelekan sebab bisa berakibat fatal dalam jangka panjang.

Apa penyebabnya? Yang jelas salah satunya bisa disebabkan oleh faktor makanan. Pemilihan jenis susu yang tidak tepat membuat sistem pencernaan si kecil terganggu sehingga proses penyerapan makanan tidak berjalan secara optimal.

Penyebab Umum Berat Badan Si Kecil Turun Secara Drastis

Sebelum Anda mencari solusi untuk menambah berat badan bayi, alangkah lebih baiknya apabila mengetahui terlebih dahulu faktor penyebabnya. Berikut faktor penyebab berat badan si kecil turun:

  • Gangguan kesehatan.
    Salah satu faktor penyebab berat badan si kecil turun secara drastis yaitu kondisi kesehatan yang terganggu. Gangguan kesehatan yang paling umum terjadi pada bayi yaitu demam dan gangguan pada sistem pencernaan seperti diare. Pada umumnya ketika demam atau diare maka nafsu makan si kecil akan menurun dan bahkan hilang sehingga asupan nutrisi akan terganggu yang berakibat terhadap berat badan.
  • Asupan nutrisi tidak seimbang.
    Bayi yang tidak mendapatkan asupan nutrisi dalam jumlah yang cukup sangat rentan mengalami penurunan berat badan. Oleh karena itu Anda sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi selama menjalani proses menyusui sehingga berat badan si kecil tetap terjaga dan tidak mengalami penurunan.
  • Masa pertumbuhan. Faktor penyebab yang selanjutnya yaitu karena si kecil sedang dalam masa pertumbuhan yang memungkinkan aktivitas dan pergerakannya lebih aktif sehingga nutrisi yang masuk akan lebih banyak digunakan untuk hal tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut bersifat wajar.

Selain itu, penyebab lain turunnya berat badan si kecil adalah adanya masalah pada sistem pencernaan. Untuk masalah yang satu ini, ibu sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak atau bidan. Mereka yang lebih berkompeten untuk menentukan apakah turunnya berat badan dikarenakan adanya masalah dengan sistem pencernaan.

Karena di dalam sistem pencernaan, ada bakteri jahat dan bakteri baik. Keseimbangan antara kedua jenis bakteri tersebut dibutuhkan untuk memastikan ASI bisa diserap oleh tubuh si kecil dan nutrisi baik bisa dialirkan ke seluruh tubuh.

Untuk menentukan apakah turunnya berat badan benar-benar dikarenakan sistem pencernaan yang kurang baik harus dikonsultasikan dengan tenaga kesehatan anak terlebih dahulu.

Yang jelas, ibu harus memberikan yang terbaik. Untuk bayi yang berusia di bawah 6 bulan, sebaiknya ibu memberikan ASI eksklusif jika memang tidak ada kondisi yang menjadi penghalang. Selain itu, ibu juga harus memberikan perawatan bayi yang terbaik.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Suplemen Penambah Berat Badan Pada Anak

Vitamin Untuk Anak Balita Yang Susah Makan

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Penyebab Berat Badan Bayi Menurun Di Usia 7 Bulan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *