Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun

Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh Anda merupakan hal yang penting agar Anda bisa terhindar dari beberapa penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda. Sistem imun membantu melindungi tubuh dari zat-zat asing yang bisa membahakan tubuh seperti racun, sel-sel kanker, darah atau jaringan yang tidak seharusnya berada dalam tubuh.

Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun  –  Ketika sistem kekebalan tubuh sudah terganggu, beberapa penyakit akan sangat mudah masuk kedalam tubuh Anda. Kondisi setiap daya tahan tubuh manusia tentu berbeda beda, semua itu tergantung pola hidup, faktor lingkungan, dan asupan asupan makann.

Perubahan cuaca, pola makan tidak teratur dan gaya hidup yang buruk sering berpengaruh pada menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Namun untungnya manusia memiliki sistem imun atau daya tahan sebagai tirai pertahanan pertama yang akan melawan mikroorganisme penyebab penyakit.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sistem kekebalan tubuh menurun :

1. Jarang berolahraga
Olah raga memang merupakan salah satu kebutuhan untuk tubuh. Berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari dengan rutin, sangat bermanfaat untuk mengembalikan sirkulasi sel-sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh.

2. Stres dan depresi
Stres yang berlarut-larut berdampak buruk bagi kekebalan tubuh. Produksi antibodi akan terganggu akibat perasaan tertekan. Stres menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan mikroorganisme dan berbagai jenis penyakit yang dapat melemahkan tubuh anda.

3. Jarang Minum Air putih
Air putih berguna untuk membantu dalam mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang, tidak sama. Untuk mengetahui apakah asupan air telah memadai atau belum, adalah dengan mengamati warna urin. Tubuh yang sehat mengeluarkan urin berwarna jernih, atau agak kekuningan bukan keruh.

4. Sering menggunakan obat antibiotik
Dengan mengkonsumsi antibiotik tertentu akan mengurangi kadar sitokin (hormon yang berperan dalam imunitas). Dengan imunitas rendah, tubuh menjadi lemah terhadap serangan bakteri resisten. Gunakan antibiotik, hanya dengan resep dokter.

5. Kekurangan nutrisi tertentu
Kekebalan tubuh membutuhkan asupan yang berasal dari kombinasi vitamin A, C, dan E dengan mineral termasuk zat besi, zinc, tembaga, dan selenium. Semua nutrisi ini penting untuk menunjang antibodi, sel T, dan fungsi neutrofil. Penyerapan nutrisi dapat mengalami gangguan pada pelaku diet yang tidak sehat dan penderita penyakit usus.

Ketika tanda-tanda kurangnya sistem imun ditemukan pada diri Anda, segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Konsumsilah makanan – makanan bergizi, terutama yang kaya antioksidan, minuman probiotik untuk menjaga saluran pencernaan dan olahraga teratur untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Anda harus mengetahuinya, bahwa sistem kekebalan tubuh memerlukan asupan energi dari makanan yang kita makan sehari hari. Maka dengan makan dan minum cukup dan jumlah gizinya yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, itu akan sangat baik untuk tubuh. Apalagi jika Anda rajin memakan atau minum sesuatu yang mengandung antioksidan tinggi itu akan sangat bagus untuk melawan radikal bebas. Semoga bermanfaat….

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Baca Juga :

Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Lemah
Harga Dan Manfaat Walatra Albumin 100% Ekstrak Ikan Gabus

Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *