Penyebab Kekurangan Albumin Pada Anak

Penyebab Kekurangan Albumin Pada Anak

Penyebab Kekurangan Albumin Pada Anak  –  Albumin adalah protein utama yang terdapat dalam darah manusia. Mengatur tekanan osmotik dalam darah merupakan fungsi utama protein yang diproduksi oleh organ hati ini. Keseimbangan albumin dibutuhkan untuk menjaga agar cairan yang terdapat dalam darah tidak bocor ke jaringan tubuh.

Untuk itu kita harus bisa menjaga kesuburan albumin yang terdapat dalam tubuh anak, karena albumin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Bila jumlah albumin dalam tubuh kurang, penimbunan cairan dalam jaringan (eodema) misalnya bengkak di kedua kaki. Hal ini bisa di alami oleh anak yang terkena penyakit seperti : heptitis, kencing manis, gagal ginjal, tumor, kanker, dan stroke.

Banyak beberapa akibat yang dapat terjadi terhadap anak – anak yang kekurangan albumin salah satunya dapat menyebabkan cairan dalam darah terpisah. Jika albumin dalam tubuh anak normal, besar kemungkinan jantung anak Anda dapat berfungsi secara normal.

Ciri tingkat albumin normal pada anak

Urin tidak boleh mengandung albumin. Molekul albumim berukuran besar sehingga tidak akan melewati filter ginjal dan akan kembali dalam aliran darah. Namun, albumin umumnya tetap ditemukan dalam jumlah kecil, bahkan pada ginjal yang sehat. Hanya saja, adanya albumin dalam jumlah signifikan dalam urin dianggap sebagai tanda awal disfungsi ginjal. Secara keseluruhan, kisaran normal albumin urin adalah sekitar 0 – 8 mg / dl.

Ciri tingkat albumin rendah pada anak

Kadar albumin kurang dari normal berpotensi menunjukkan masalah pada hati. Kondisi yang menyebabkan peradangan sendi seperti arthritis, infeksi seperti gigi busuk, dan infeksi kandung kemih membuat kadar albumin menurun.

Baca Juga  –  Merk Penambah Nafsu Makan Anak Terbaik

 Gizi buruk dan malabsorpsi adalah faktor-faktor lain yang bertanggung jawab pada penurunan kadar albumin. Penyebab lain penurunan tingkat albumin adalah penyakit ginjal. Bahkan jika hati mampu memproduksi cukup albumin, namun jika tubuh kehilangan kemampuan menyerap protein yang cukup, jumlah albumin di dalam darah menjadi kurang dari normal

Penyebab kekurangan albumin

  • Malnutrisi protein. Kurangnya protein yang masuk ke tubuh bisa menyebabkan turunnya produksi albumin hingga sepertiga dalam 24 jam.
  • Kerusakan pada tempat pembuatan albumin tubuh. Pada penderita sirosis, produksi albumin berkurang karena kerusakan sel-sel hati tempat pembuatan (sintesa) albumin. Tidak hanya pembuatannya yang menurun, sirosis juga menyebabkan aliran darah jaringan hati memburuk sehingga distribusi albumin memburuk.
  • Kehilangan protein ekstravaskular (jaringan tubuh). Ini antara lain karena penyakit sindrom nefrotik dimana protein bocor dan keluar melalui urine, protein losing enteropathy, penyakit penyumbatan sirkulasi getah bening yang mengakibatkan protein hilang melalui sistem pencernaan, atau luka bakar yang luas yang menyebabkan protein di jaringan tubuh hilang.
  • Hemodilusi. Kondisi di mana terjadi pengenceran volume darah. Biasanya kondisi ini menyertai gejala asites, yaitu penumpukan cairan di rongga perut. Pada hemodilusi, produksi albumin mungkin normal atau bahkan meningkat tapi tampak menurun pada pemeriksaan sampel darah karena darah lebih encer oleh cairan tubuh.
  • Peradangan jangka panjang (kronis) dan akut. Proses peradangan membuat pembuluh darah kapiler lebih mudah ditembus albumin, sehingga albumin anak dapat bocor ke jaringan. Ditambah lagi pembentukan albumin pada saat mengalami infeksi akut atau kronis.
    Sumber – http://www.alodokter.com/hypoalbuminemia

Penyebab – penyebab yang dapat mengurangi albumin terhadap anak harus di hindari demi menjaga kerusakan ginjal. Kadar rendah albumin juga bisa menjadi tanda penyakit malnutrisi kronis, atau protein losing enteropathy (hilangnya protein karena kerusakan dinding saluran pencernaan).

Kapan pengobatan harus dilakukan ?

Pengobatan kekurangan albumin sebaiknya di lakukan saat gejala awal mulai menyerang anak Anda. Karena mungkin Anda sudah mengetahuinya, jika kekurangan albumin anak akan mengalami derajat keparahan perjalanan penyakit. Semakin rendah kadar albumin artinya penyakit semakin parah. Semoga informasi yang dapat kami tulis ini bermanfaat bagi Anda yang telah berkunjung ke halaman kami.

Baca Juga : Harga Dan Khasiat Walatra Hexabumin Untuk Anak

Posted By : Rumah Jellt Gamat

Penyebab Kekurangan Albumin Pada Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *