Penyebab Mencet Pada Bayi Di Usia 10 Bulan

Penyebab Mencet Pada Bayi Di Usia 10 Bulan

Mencret merupakan penyakit umum yang sering terjadi pada masyarakat di negara berkembang, terutama di negara kita Indonesia. Hal ini memang sering meresahkan para orang tua, namun masih banyak juga orang tua sering kali tidak menyadari apa yang dirasakan bayinya ketika buang air besar lebih encer dari biasanya.

Bahaya mencret pada bayi masih merupakan penyebab kematian nomer satu pada bayi dan balita di Indonesia. Mengapa mencret pada bayi sangat berbahaya ?. Mencret pada bayi jika berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan dehidrasi dan berbahaya bagi organ – organ tubuh anak, untuk itu mecret merupakan penyakit yang harus di waspadai oleh para orang tua.

Mencret pada bayi bukan penyakit yang datang begitu saja, melainkan ada beberapa penyebab dari makanan atau minuman yang memang dapat menyebabkan bayi mencret. Hal ini terkadang tidak pernah di sadari oleh para orang tua, bahwa makanan yang mereka berikan terhadap si buah hati akan menyebabkan terjadinya mencret terhadap si kecil.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab terjadinya mencret pada bayi :

  • Infeksi kuman penyakit seperti bakteri, virus atau parasit yang dapat menyebar melalui makanan atau minuman yang tercemar atau kontak dengan tinja penderita.
  • Penurunan daya tahan tubuh ibu yang tidak memberikan ASI sampai usia 2 tahun (atau lebih) akan menyebabkan bayi memiliki daya tahan tubuh yang kurang sempurna, karena di dalam ASI terdapat antibodi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Faktor lingkungan dan perilaku mencret adalah penyakit yang berbasis pada lingkungan yang faktor utamanya adalah kontaminasi air oleh tinja yang berakumulasi dengan perilaku manusia yang tidak sehat.
  • Bayi Anda mendapatkan minuman kurang sehat seperti jus buatan yang mengandung banyak pemanis buatan. Bahan pemanis buatan ini akan menyebabkan bayi diare dan sakit perut. Karena itu lebih baik memberikan minuman sehat untuk bayi.
  • Bayi Anda terkena keracunan dari ASI, susu formula atau makanan pendamping ASI. Reaksi keracunan yang paling sering terjadi pada bayi adalah seperti mual, muntah, diare dan pingsan.

Di atas merupakan penyebab umum terjadinya mencret pada bayi yang sering di abaikan oleh sebagian orang tua. Diare bisa terjadi pada usia bayi berapapun. Bahkan pada beberapa kasus, bayi baru lahir pun mengalami masalah ini meski dapat sembuh dengan sendirinya. Secara umum diare pada bayi dapat terjadi karena keracunan makanan.

Jika bayi Anda mengalami diare, hal utama yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi diare pada bayi Anda adalah dengan menjaga kondisinya agar tidak sampai mengalami dehidrasi. Caranya yaitu dengan terus memberinya ASI setiap kali ia buang air atau muntah air.

Selain dengan memberikan ASI secara terus menerus, Anda juga dapat menerapkan beberapa cara berikut untuk mengatasi diare pada bayi Anda agar ia lekas sembuh dan bisa menikmati masa pertumbuhannya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya Dibawah Ini

Cara Mengobati Mencret Pada Bayi 10 Bulan Secara Alami

Posted By : Rumah Jelly Gamat

Penyebab Mencet Pada Bayi Di Usia 10 Bulan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *